Kwarcab Pramuka SBT Akan Gelar Kemah Budaya Cabang

Kwarcab Pramuka SBT Akan Gelar Kemah Budaya Cabang

BULA, hunimuanews.com-Kwartir Cabang (Kwarcab) Praja Muda Karana (Pramuka) kabupaten Seram Bagian Timur akan menggelar Kemah Budaya Cabang. Tujuan kegiatan ini, diantaranya untuk menumbuhkan semangat Patriotisme generasi muda di daerah ini.

 

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2018, bertempat di pantai Gumumae.

 

“Kemah Budaya Cabang ini kegiatan tahunan. Dan untuk masa kepemimpinan saya sebagai ketua Kwarcab, ini (Kemah Budaya Cabang-red) yang pertama,”ungkap Alkatiri saat Konfrensi Pers di Bula, Senin (13/8).

 

Disebutkan, Kemah Budaya Cabang tahun ini digelar denga  dengan tema “ Negeriku Ita Wotu Nusa, Bumi Para Raja, Kaya Budaya, Berjiwa Patriot, Mempertegas Jati Diriku, Generasi Penerus Bangsa”.

 

Tema tersebut, dipertegas denga sub tema, yakni “ Melalui Kemah Budaya Cabang, Mendorong Perubahan Perilakau Generasi Penerus Bangsa untuk Lebih Mencintai Budaya Leluhur serta Berprilaku Baik Sesuai Jati Diri Bangsa”.

 

“Ini merupakan cerita tentang bagaimana kita mengembangkan budaya jiwa patriot pada generasi muda, anak-anak kita, adik-adiki kita yang terlibat dalam gerakan Pramuka,”kata Alkatiri.

 

Hal itu sejalan dengan semangat gerakan Pramuka yang menitkberatkan pada pendidikan Karakter. Pengembagan Karakter menjadi tujuan dalam setiap   setiap aktivitas generasi muda. “Jadi, Kemah Budaya Cabang ini nanti akan menekankan pada poin tersebut,”ungkapnya. 

 

Bila selama ini, Kemah Budaya Cabang berisi pagelaran seni dan budaya, maka pada Kemah Budaya Cabang tahun ini, pagelaran seni dan budaya hanya satu bagian saja dari apa yang menjadi tekad  utama, yaitu penguatan nilai-nilai patriotisme anak muda.

 

“Cerita tentang Patriotisme, itu pasti kita berbicara tentang nilai keberanian, kejujuran, semngat membela kebenaran, dan membantu sesama,”sebu Wakil bupati kabupaten SBT ini.

 

Ditegaskan, dengan berkumpulnya peserta dari semua kecamatan, diharapkan akan ada Sharing informasi, saling tukar pengalaman, serta memupuk semangat persatuan di kalangan muda, dalam hal ini generasi muda yang terlibat dalam gerakan Pramuka.

 

“Kegiatan ini dibiayai dengan APBD kabupaten SBT yang sudah dimasukkan dalam anggaran yang dihibahkan kepada Gerakan Pramuka Kwarcab Seram Bagian Timur,”katanya.

 

Menyoal perubahan dari rencana awal yakni Kemah Budaya Daerah  menjadi Kemah Budaya Cabang, Alkatiri mengungkapkan, hal itu terkendala masalah anggaran.

 

“Jadi ada di aturan Kemah Budaya itu, pemerintah provinsi harus terlibat, turut mendanai,”katanya.

 

Hanya saja, lanjut Alkatiri, setelah dilakukukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka, ternyata tidak ada alokasi dana itu.

 

Sehingga, setelah menyurati Kwartir Daerah, pihaknya memutuskan untuk merubah rencana dari Kemah Budaya Daerah menjadi Kemah Budaya Cabang.

 

“Informasi dari rekan-rekan Kwarcab di seluruh Maluku, sepertinya baru SBT yang melaksanakan Kemah Budaya Cabang. Karena ini cabang, sehingga peserta hanya dari kabupaten SBT. Memang beberapa waktu yang lalu ada informasidari Kwarcab yang ingin menjadi peninjau, tapi samapi saat ini belum ada konfirmasi tentang kehadiran mereka,”jelasnya.

 

Di tempat yang sama, ketua PAnitai Kemah Budaya Cabang, Usman Keliobas mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah melakukan persiapan sekitar 70 persen, terutam persiapan lokasi kegiatan. Sementara peralatan lain dipersiapkan oleh peserta dari setiap kecamatan.

 

“Kami masih punya waktu sekitar 2 Minggu lagi. Kami yakni, tiba pada saatnya semua sudah siap. Ada panggung untuk Pentas Seni sudah kami siapkan

 

Keliobas menyebutkan, Kemah Budaya Cabang akan diikuti peserta dari 15 Kecamatan di daerah ini, terdiri dari 240 peserta penggalang, dan 32 pembina.

 

Untuk diketahui, Upacara, Jumpa Tokoh, Pentas Seni Budaya, Dialog, Napak Tilas, Karnaval Budaya, Pemutaran Film, dan alam hiburan.(GR)