KPUD SBT Resmi Tetapkan Mukti-Idris Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

KPUD SBT Resmi Tetapkan Mukti-Idris Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

BULA, hunimuanews.com- Rapat pleno digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Senin, (22/2/21) kini menetapkan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai bupati dan wakil bupati terpilih pada pilkada 2020 lalu.


Penetapan pasangan Bupati dan wakil Bupati terpilih itu, melalui rapat pleno yang dituangkan dalam berita acara nomor: 02/PL.02.7-BA/8105/KPU-Kab/II/2021 tentang Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur Tahun 2020.

 

Diketahui rapat pleno itu dipimpin langsung oleh ketua KPU Kisman Kelian, serta di dampingi 4 komisionernya, turut hadir pada kesempatan itu pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, sejumlah partai politik atau gabungan partai politik pengusung, serta Bawaslu selaku lembaga pengawasan.

 

Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur dengan akronim ADIL itu diketahui pernah diusung oleh empat partai politik diantaranya Golkar, Nasdem, PAN dan PKPI pada 2020 lalu.


Dengan dasar itu mereka berhasil memperoleh 31.100 suara dari dua lawan tandingnya, Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kilian (FAHAM) yang mengantongi 20.393 suara, dan Rohani Vanat-Ramli Mahu (NINA RAMAH) meraih 15.555 suara.

 

Direncanakan berita acara penetapan bupati dan wakil bupati terpilih SBT, akan diserahkan oleh KPU kepada DPRD siang ini guna diparipurnakan.

 

“Siang ini kami serahkan ke DPRD. Karena DPRD berencana menggelar rapat pleno penetapan juga pada jam 3 sore nanti,”kata anggota KPU SBT, Amnum Naqiq, yang dikutib media ini melalui sumber lain.


Sementara itu, Pelantikan pasangan Bupati dan wakil Bupati terpilih direncanakan akhir Februari 2021.


Berdasarkan sumber lain yang diperoleh media ini tentang jadwal pelantikan Bupati dan wakil Bupati secara serentak, yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menjadwalkan pelantikan kepala daerah hasil pilkada 2020 secara serentak dan bertahap. Untuk Provinsi Maluku, pelantikan bupati dan wakil bupati Seram Bagian Timur dan Aru dilakukan pada 26 Februari. (HN-AMR)