Ketua Komisi A: Pilkades Ditunda Sesuai Surat Edaran Mendagri

Ketua Komisi A: Pilkades Ditunda Sesuai Surat Edaran Mendagri

BULA, hunimuanews.com - Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) M. Umar Gassam mengatakan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2020 ditunda. Pasalnya sesuai dengan surat edaran Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia.

 

"Pilkades diwaktu ini tidak diizinkan Karena sesuai dengan surat edaran yang kami terima dari Mendagri soal penundaan sementara" ucap Gassam, saat dijumpai wartawan diruang kerjanya Senin, 17 Februari kemarin.

 

Padahal kata Gassam, sejumlah anggaran sudah dialokasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD SBT. "Namun hanya saja dalam pelaksanaan kita menerima surat edaran dari Mendagri, terkait penundaan sementara Pilkades. Dan bisa dilakukan setelah Pilkada 2020.

 

"Jadi Pilkades dan Pelantikan sementara ditunda karena bertepatan dengan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maka tidak boleh" tutur Politisi Partai Gerindra itu di dampingi Anggota Legislatif Abdul Aziz Keliandan.

 

Terkait penundaan Pilkades Gassam menjelaskan, tidak hanya berpusat di Kabupaten SBT. Namun berlaku di semua daerah yang melakukan Pilkada. "Jadi edaran Mendagri itu berlaku untuk Kabupaten Kota yang melakukan Pilkada" tutur Gassam. (HN-Sofyan)