Kelola DD, Warga Sumber Agung Produksi Sendal Jepit

Kelola DD, Warga Sumber Agung Produksi Sendal Jepit

BULA, hunimuanews.com-Warga desa Sumber Agung kecamatan Bula Barat memanfaatkan dana desa untuk memproduksi Sendal jepit. Program ini merupakan upaya untuk mempercepat laju roda perekonomian di desa tersebut.

 

Produksi Sendal Jepit yang dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa Sumber Agung itu, menggunkan dana desa tahun 2017 dan dana desa tahun 2018 sebesar Rp300 juta lebih.

 

Direktur Bumdes Sumber Agung, Husen Salahudin mengatakan, produksi Sendal tersebut menggunakan bahan baku, diantaranya didatangkan dari luar daerah.

 

“Bahan bakunya, ada yang kita peroleh dari Jawa. Ada juga yang kita peroleh di sini seperti bahan baku kayu. Sementara tenaga kerjanya, semua orang di sini,”ungkap Husen Salahudin.

 

Husen Salahudin mengatakan, ada berbagai jenis dan ukuran Sendal  jepit diproduksi, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

 

Terkait pemasaran hasil produksi tersebut, Husen Salahudin mengatakan pihaknya masih menjual Sendal jepit di kabupaten Seram Bagian Timur dan di kabupaten Maluku Tengah, karena jumlah hasil produksi masih terbatas.

 

“Memang produksi selama ini sudah ratusan kodi.Kalau hasil produksi lebih banyak lagi, pasti kita jual di daerah lain,”katanya.

 

Untuk meningkatkan jumlah hasil produksi, kata Husen Salahudin pihaknya membutuhkan tambahan modal, terutama untuk menyediakan bahan baku dari luar Maluku.“Kami juga berencana, tahun 2019 dan tahun 2020, membuka pabrik sepatu,”katanya.(MB)