Keliobas Tanggapi Sejumlah Masalah di SBT, Termasuk Ibu Kota Definitif Hunimua

Keliobas Tanggapi Sejumlah Masalah di SBT, Termasuk Ibu Kota Definitif Hunimua

BULA- hunimuanews.com-Sejumlah masalah yang kian membengkak di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini akhirnya kembali ditanggapi oleh Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas. Deretan masalah yang menuai tanggapan dari orang nomor satu di SBT ini satu diantaranya adalah rencana pembangunan ibu kota definitif di dataran hunimua.

 

"Tentunya pembangunan ibu kota kabupaten definitif ini menjadi tanggung jawab kami, cuman di tengah pandemi covid-19 ini ya harus dipahami juga bahwa, ,jangankan berbicara tentang pembangunan ibu kota kabupaten, membangun ekonomi masyarakat saja kita butuh waktu juga," ujar Keliobas kepada wartawan usai mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik indonesia (RI) di halaman pandopo Bupati SBT Selasa (17/08/21).

 

Dijelaskan, sekian masalah yang merongrong kehidupan masyarakat kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dinilai sangat dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk kondisi pandemi covid-19 yang masih terus mewabah hingga berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat di daerah penghasil Minyak dan Gas (Migas) ini .

 

 Tidak hanya itu, berkaitan dengan aspek pembangunan di kabupaten ini kata Keliobas, daerah sedang mengalami revucusing anggaran yang cukup fantastis. Hal tersebut tentunya berdampak terhadap segala sendi pembangunan serta kepentingan masyarakat kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) secar kolektif.

 

Ia menitik beratkan kondisi daerah saat ini masih dihantui oleh masa pandemi. Dengan demikian dirinya berharap kepada pemerintah pusat hingga pemeritah daerah melalui tim Satgas agar berperan aktif memutus mata rantai covid -19 tersebut.

 

'Kita berharap kondisi pandemi ini cepat berlalu memutus mata rantai ini agar segala hal yang menyangkut dengan kepentingan daerah ini insya Allah dapat kita laksanakan,"terangnya

 

Selain itu, Bupati dua periode ini menegaskan, selaku pemerintah daerah (Pemda), pihaknya mempunyai niat baik untuk membangun kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), termasuk rencana pembangunan ibu kota definitfi di dataran Hunimua yang telah diamanatkan dalam Undang-undang nomor 40 tahun 2003 akan diupayakan. 

 

'Katong samua punya niat baik untuk bangun kabupaten ini lebih baik lagi, hanya saja katong harus bebas dari masa pandemi ini dulu, itu yang terpenting supaya daerah ini tumbuh dan berkembang dengan lebih baik," tandasnya 

 

Sebelumnya, terkait rencana pembangun ibu kota definitif Hunimua itu, sempat disuarakan pemuda dan masyarakat dari berbagai kecamatan di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). 

 

Melalui aksi demonstrasi yang digelar beberapa hari lalu itu, diberlakukan sebagai bentuk protes sekaligus meminta perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) agar lebih memerhatikan kebutuhan masyarakat, kondisi daerah, termasuk mendesak Pemda dan DPRD SBT agar segera melakukan langkah percepatan pembangunan ibu kota definitif di dataran Hunimua. (HN-MR