Kapolres : Kondisi SBT Relatif Aman

Kapolres : Kondisi SBT Relatif Aman

BULA, hunimuanews.com - Saat ini wilayah kabupaten Seram Bagian Timur, masih dalam status relatif aman. Dari penetapan Orang Dalam Pantauan (ODP) terhadap satu warga beberapa waktu lalu, kini kondisinya mulai membaik. 


Demikian yang disampaikan Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar kepada wartawan, usai melaksanakan penyemprotan cairan distinfektan disepanjang jalan Kota Bula, Selasa (31/03/2020).


"Insha Allah dengan Ijin Allah, ODP kita yang satu orang, dalam dua hari ini masa karantinanya berakhir", 


Andre mengatakan warga tersebut dikartina dirumahnya selama 14 hari, dan dipantau  terus keadaannya oleh tim medis. Namun hingga kini memasuki hari ke-13,  tidak menunjukan gejala-gejala sakit (tidak ada gejala Covid-19).


Seperti diketahui, pada Senin (24/3/2020) lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten SBT telah menetapkan satu warga di daerah ini sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).


Penetapan tersebut berawal dari warga tersebut memeriksakan diri secara mandiri di RSUD Bula, yakni datang sendiri untuk memeriksakan diri setelah kembali dari berlibur di luar daerah. 


Terkait dukungan polres terhadap penanganan dampak penyeberan virus Corona, Andre menyebutkan TNI dan Polri telah menyebar disemua titik serta pintu masuk dan keluar wilayah kabupaten SBT. 


Ia mengungkapkan selain posko terpadu yang ada di kota Bula, polres SBT juga menempatkan beberapa posko di perbatasan, mulai dari bandara Kufar, Banggoi, Tutuk Tolu, serta Pelabuhan Sesar. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi datangnya orang dari luar SBT. 


Dalam rangka memutus mata rantai virus corona, Kapolres SBT menghimbau kepada seluruh warga SBT agar mengikuti anjuran pemerintah, yaitu tetap berada di lingkungan rumah masing-masing, menjaga pola bersih dengan rajin mencuci tangan, dan apabila terpaksa harus keluar rumah, minimal gunakan masker.


"Mari sama-sama kita galakan hidup bersih dan terus melaksanakan kebersihan, dengan lingkungan bersih mudah-mudahan kita dijauhkan dari segala penyakit dan virus yang ada. (HN-03)