Jelang Konfercab, Tiga Kandidat Rebut Posisi 01 HMI Cabang SBT

Jelang Konfercab, Tiga Kandidat Rebut Posisi 01 HMI Cabang SBT

BULA, hunimuanews.com-Tiga kandidat dipastikan bakal merebut posisi kosong satu organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Seram Bagian Timur (SBT) yang digelar melalui Konferensi Cabang (Konfercab) ke-V (Lima) di kota Bula pada tanggal 13 July mendatang.

 

Diketahui Konferensi Cabang (Konfercab) merupakan salah satu agenda penting yang dilaksanakan setiap kader HMI pada setiap daerah. mengingat hal itu merupakan bentuk mengakhiri masa kepemimpinan sekaligus melahirkan satu pemimpin baru pada tingkat cabang untuk memimpin organisasi tersebut.

 

Ketua panitia pelaksana Konfercab HMI cabang Seram Bagian Timur Andre Kelilau kepada Wartawan Jumat, (09/07/21) mengatakan, konferensi cabang merupakan satu mekanisme yang dilaksanakan usai berakhirnya masa periodisasi satu kepemimpinan dan kembali memilih pemimpin baru. Sebab menurutnya, hal itu telah diatur dalam jantung konstitusi HMI.

 

"Ya konfercab ini suda barang tentu kami laksanakan sebab suda berakhirnya masa kepemimpinan ketua lama, maka kami segera membetuk panitia untuk dilaksanakan konfercab mengingat karna ini perintah konstitusi," kata Andre

 

Dijelaskan, sejauh ini kesiapan panitia menjelang pelaksanaan konfercab tersebut telah mencapai target 80 persen. Meskipun begitu lanjut Andre, kesiapan panitia itu belum cukup maksimal namun dirinya memastikan tanggal 13 July mendatang pelaksanaan kegiatan dipastikan tetap berjalan.

 

"Alhamdulillah target panitia tangal 13 sekalipun masi kekurangan hal teknis panitia, namun panitia lewat rapat dan kesepakatan bersama bahwa kegiatannya tetap jalan tanggal 13, hari selasa sampai dengan tangal 16 penutupan," jelasnya

 

Selain itu, Aktivis hijau hitam ini juga mengaku, konferensi cabang (konfercab) HMI kali ini melibatkan tujuh komisariat yang terdaftar pada empat lembaga perguruan tinggi di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Empat lembaga tersebut akui Andre, STAIS Seram Timur Geser, Kampus STAIS B" Bula, STKIP Hunimua dan STKIP Ita Wotu Nusa Bula.

 

"Iya tua 7 komisariat, 2 komisariat dari stais Geser, 2 komisariat Stais Bula, satu komisariat dari STKIP hunimua dan Ada 2 komisariat dari STKIP IWN yaitu komsat Biologi dan PGSD," terangnya

 

Alumni STAI "B" Bula ini juga menambahkan, teknik pelaksanaan konfercab itu dilaksanakan secara demokrasi dengan mengantongi hasil delegasi masing masing komisariat. Hal itu dilakukan untuk memenangkan satu dari tiga kandidat dimaksud pada perhelatan konferensi cabang (Konfercab) tersebut. 

 

Diketahui tiga kandidat yang berkompetisi untuk menahkodai HMI cabang SBT periode 2021-2022 pada konfercab mendatang diantaranya, Ali Yusba Kelilauw, Nasir Kwairumaratu dan Rimbo Rumatiga. Ketiga kader Hijau hitam ini masing masing memiliki catan mentereng selama berproses sebagai kader HMI, namun belum dipastikan siapa yang berhak mensabet amanah untuk memimpin HMI cabang SBT di bumi Ita Wotu Nusa. (HN-MR