Inovasi Pendidikan & Pembelajaran, STKIP IWN Bula Gelar SEMNAS-IPdP

Inovasi Pendidikan & Pembelajaran, STKIP IWN Bula Gelar SEMNAS-IPdP

BULA, hunimuanews.com-Dalam mengembangkan Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran (IPdP) di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Bula menggelar Seminar Nasional (Semnas), pada Senin (28/06/21) di Aula Kementerian Agama (Kemenag) Bula.

 

Seminar Nasional Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran (Semnas-IPdP) itu dibuka secara resmi oleh Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Jafar Kwairumaratu. Dengan tema "Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Memasuki Era Kelimpahan" yang dihadiri sejumlah narasumber dan dosen serta para peserta seminar.

 

Gelaran kegiatan itu merupakan satu bentuk kegiatan menyampaikan karya ilmiah tentang pendidikan yang direncanakan, serta dipresentasikan dengan sumber atau peneliti dalam mengambil satu keputusan. Hal tersebut bertujuan untuk menyamakan pendapat terhadap karya ilmiah. 

 

Ketua panitia pelaksana Seminar Nasional (Semnas) Misyati, dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan pemebelajaran mahasiswa serta dapat membangun presepsi yang sama tentang pendidikan berkualitas.

 

"Selain dari mengembangkan inovasi, kegiatan ini juga sebagai sarana menyampaikan informasi tentang pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat dan stakeholders," kata Misyati

 

Disisi lain kata Misyati, berdasarkan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut tentang pembelajaran berbasis kearifan lokal memasuki era kelimpahan, maka peradaban manusia pada era revolusi industri 4.0 akan terus diperhadapkan dengan fenomena distruptif yang terus berkembang. Dan tanpa disadari lanjut Misyati, masyarakat secara sendirinya akan memperlebar hubungan antar kelompak sosial.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Sidik Rumalowak dalam sambutanya mengapresiasi kegiatan dimaksud. Menurutnya seminar nasional yang digelar mahasiswa STKIP Ita Wotu Nusa Bula kali ini merupakan satu kegiatan yang cukup penting serta dapat mengkonfirmasikan kepada peserta didik, mahasiswa termasuk masyrakat tentang betapa pentingnya pendidikan nasional yang dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran berbasis kearifan lokal.

 

"Ini yang sangat penting bapak ibu sekalian, bahwa perencanaan pendidikan nasional adalah mewujudkan kembali kemerdekaan belajar itu sendiri," tutur Rumalowak

 

Dijelaskan Rumalowak, melalui kegiatan tersebut mahasiswa dan peserta didik dapat mengembangkan inovasi diri dalam mengikuti perencanaan pendidikan nasional yang bersandar pada kearifan lokal di kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa ini.

 

Diketahui kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual yang dihadiri sejumlah Narasumber dari beberapa universitas ternama diantaranya, Prof. Dr.I Wenno. S.Pd, M.Pd Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Dr. Suhartono, M.Pd. Dosen PBI Universitas Surabaya, Dr. Fitri Amiliah, M.Pd. Dosen Universitas Muhammadaiyah Jember, Dr. Adam Rumablifar, serta para dosen STKIP Ita Wotu Nusa, dan para peserta seminar dari tiga perguruan tinggi di Bula ibu kota kabupaten Seram Bagian Timur. (HN-MR