Inisiasi PPB, Bangun TPU Baru di Kota Bula

Inisiasi PPB, Bangun TPU Baru di Kota Bula

BULA, hunimuanews.com-Langkah inisiasi dari organisasi Pergerakan Pemuda Bula (PBB) yang menggandeng kerja sama dengan pihak perusahaan Karlez dan TNI Polri membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kota Bula kecamatan Bula kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). 

 

Proses pembongkaran lahan untuk pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) tersebut semula telah dilakukan beberapa waktu lalu. Hingga tepat pada Minggu dini hari dilanjutkan dengan pengecoran tiang lampu menuju jalan masuk TPU tersebut. 

 

Penggusuran Tempat Pemakaman Umum yang berlokasi di area perusahan Karlez itu dibongkar seluas tiga hektar. Hal itu berkat kerja sama pemuda Bula dan beberapa instansi lainya. 

 

Ketua Pergerakan Pemuda Bula (PPB) Basri Karit mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah dan kerja sama semua elemen yang turut membantu menyelesaikan pembongkaran TPU tersebut, hingga sampai pada kegiatan pengecoran tiang lampunya. 

 

 

"Kami ucapkan terimakasih kepada semua pemuda, tokoh agama tokoh masyarakat semuanya yang turut serta membangun TPU ini hingga sampai pada hari minggu ini kita lanjutkan dengan pengecoran tiang lampunya, " ungkap Basri usai melakukan pengecoran tersebut Minggu (16/22).

 

Dia menandaskan, dengan hadirnya TPU baru itu, kedepan pemakaman tidak lagi berpusat di pantai pos kota Bula. Melainkan dialihkan ke TPU baru yang berlokasi di Gunung Karlez itu. Selain itu pengadaan penerangan lampu tersebut lanjut Basri, bertujuan untuk memudahkan masyarakat jika terdapat hajatan pemakaman pada malam hari. 

 

"ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat, supaya kedepan kalau ada pemakaman di malam hari, itu masyarakat tidak susah lagi, "ujarnya

 

Sementara Anggota DPR Provinsi Maluku Djemi Pattisilano kepada media ini turut mengapresiasi inisiatif pembongkaran lahan TPU yang digagas oleh pemuda Bula. Menurutnya langkah penataan TPU di kota pengahsil Minyak dan Gas (Migas) ini, sebetulnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Seram Bagian Timur (SBT). Namun lanjut dia, solusi penataan TPU tersebut telah dilakukan oleh segenap pemuda Bula. Hal ini menjadi satu langkah yang cukup objektif. 

 

"Tentunya saya mengapresiasi setinggi tingginya terhadap organisasi pemuda, khusnya pemuda Bula, yang mana telah melakukan pembongkaran dan pentaaan TPU di kota Bula ini. Ini sebetulnya menjadi tanggung jawab Pemda SBT, hanya saja pemuda Bula telah mengambil bagian dalam pekerjaan dan penataan TPU di kota Bula ini," apesnya

 

Diketahui jumlah pengecoran tiang lampu tersebut berjumlah 32 tiang yang ditempatkan dari jalan masuk TPU hingga sampai di tempat pemakaman. (HN-MR)