Inilah Isi Deklarasi Pemilu Damai di SBT

Inilah Isi Deklarasi Pemilu Damai di SBT

BULA, hunimuanews.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar deklarasi Pemilu Damai, Selasa (22/1) malam. Deklarasi dilakukan dalam rangka menciptakan Pemilu 2019 yang berkulitas.

 

Hadir dan turut membacakan naskah Deklarasi Pemilu Damai yang digelar di kota Bula tersebut, bupati kabupaten SBT Abdul Mukti Keliobas, Kapolres SBT AKBP. Saminata, Kepala Kejai SBT Riyadi, Komisioner Bawaslu, dan perwakilan Partai Politik peserta Pemilu.

 

Deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan secara bersama-sama para stakeholder tersebut, terdiri atas lima poin pernyataan, yakni pertama, mengawal pemilihan umum tahun 2019 dari praktek politik uang karena merupakan ancaman terbasar bagi  kedaulatan rakyat.

 

Kedua, tidak menggunakan politik uang sebagai sarana meraih simpati pemilih karena mencederai integritas dan kedaulatan rakyat.

 

Berikutnya, mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya  secara cerdas berdasarkan program kerja dan bukan karena politik uang.

 

Pada poin keempat disebutkan, para stakeholder tersebut mendukung kerja-kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang yang dilakukan oleh lembaga pengawas Pemilu.

 

Tidak akan melakukan intimidasi, kekerasan atau aktivitas lainnya dalam bentuk apapun yang dapat menggangu  proses penegangan pelanggaran Pemiludemikian bunyi poin ke lima naskah Deklarasi pemilu Damai tersebut.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten SBT, mengatakan pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin, guna meminimalisir angka pelanggaran pemilu berupa praktek politik uang dan pelangaran-pelanggaran lainya. “Serta selalu menjujung tinggi integritas,”tegasnya.

 

Setelah pembacaan naskah deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas oleh semua stakeholder yang hadir.(SR)