HUT NKRI, KNPI SBT Gelorakan Semangat Kebangsaan

HUT NKRI, KNPI SBT Gelorakan Semangat Kebangsaan

BULA,Hunimuanews.com- Guna menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 2018, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Seram Bagian Timur akan menggelar sejumlah kegiatan bertema kebangsaan.  

 

Ketua DPD KNPI kabupaten SBT, Rusdi Rumata mengungkapkan, menyongsong hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut, pihaknya akan menggelar lomba pidato Kebangsaan, serta dialog Kebangsaan dan konser bertema Kebangsaan.

 

Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari upaya meningkatkan semangat kebangsaan generasi muda, terutama mahasiswa dengan menyalurkan potensi yang dimiliki melalui pidato kebangsaan.

 

“Kami melihat, mahasiswa di daerah ini memiliki potensi yang luar biasa. Nah, melalui momentum ini kita ingin lebih memacu mereka untuk menyalurkan pikiran atau ide mereka melalui lomba pidato kebangsaan. Dengan begitu, mereka juga semakin siap untuk tampil di depan umum,” ungkap Rumata kepada wartawan saat konfrensi pers di Bula, Kamis (9/8).

 

Terkait diskusi kebangsaan, Rumata mengatakan, diskusi tersebut digelar untuk  menyediakan forum bagi berbagai kalangan di daerah ini, guna menyampaikan pikiran-pikiran yang Konstruktif tentang pemerintahan serta pembangunan di Indonesia pada umumnya dan di kabupaten SBT pada khsususnya.

 

“Kami akan mengudang tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan di daerah ini untuk hadir dan berdiskusi, menyampaikan pikiran-pikiran mereka,”kata Rumata.

 

Sementara konser kebangsaan, selain merupakan malam ramah tamah dan hiburan, juga sebagai malam untuk menyampaikan pesan-pesan kebangsaan kepada masyarakat.  

 

“Kami akan undang pak Bupati dan ketua DPRD untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut kepada masyarakat,”kata Rumata.

 

Lebih lanjut Rumata menegaskan, sebagai tindak lanjut dari lomba pidato kebangsaan, pihaknya akan menghimpun naskah pidato semua peserta lomba dalam bentuk buku. Selanjutnya diberikan kepada mereka untuk menjadi referensi.  

 

“Semua kegiatan tersebut terselenggara atas dukungan pemerintah daerah kabupaten SBT. Dan tentu kami juga berharap dukungan dari semua pihak, termasuk teman-teman wartawan,”ungkap Rumata.

 

Di tempat yang sama, Sekretaris DPD KNPI kabupaten SBT, Abdul Azis Yanlua mengungkapkan, hingga saat ini berbagai persiapan terus dilakukan dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut.

 

"Ada Koordinator untuk masing-masing kegiatan. Dan, berdasarkan hasil evaluasi terakhir yang kami lakukan, secara umum semuanya sudah siap. Masih masalah teknis saja,”katanya.

 

Terkait jumlah peserta lomba pidato Kebangsaan, disebutkan hingga saat ini sudah sekitar 30 mahasiswa yang mendaftar di panitia. Jumlah peserta tersebut diyakni masih akan bertambah, karena besarnya semangat mahasiswa untuk berkompetisi melalui ajang tersebut.

 

Untuk diketahui, lomba Pidato Kebangsaan akan digelar pada tanggal 12-13 Agustus, Diskusi Kebangsaan pada tanggal 15 Agustus. Sementara Konser Kebangsaan akan digelar pada tanggal 18 Agustus (malam).(MB)