Hasan Day, Soroti Kekurangan Tenaga Guru di Kilmury SBT

Hasan Day, Soroti Kekurangan Tenaga Guru di Kilmury SBT

BUAL, hunimuanews.com - Sejumlah sekolah di Kecamatan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) hingga saat ini kekurangan tenaga guru. Pasalnya, penyebaran guru yang dilakukan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten SBT yang tidak merata. Minggu, (26/04/2020)


Atas kondisi tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) SBT Hasan Day mendesak, Pelaksana Tugas (Plt) Disdikbudpora Sidik Rumalowak, agar segera melakukan evaluasi untuk penempatan guru secara merata pada semua sekolah yang ada di Bumi Ita Wotu Nusa. 


"Kita lihat di lapangan, khusus di Kecamatan Kilmury. Sejumlah Sekolah Dasar (SD) masih kekurangan tenaga guru. Seperti di SD Negeri  Kamar, SD Negeri Desa Gunak, dan SD Sumbawa dan beberapa SD lainnya" ucap  Hasan Day di Kota Bula kemarin.


Hasan Day yang juga Anggota Komisi C DPRD SBT ini meminta, secepatnya Plt Disdikbudpora Sidik Rumalowak mengambil langkah melakukan evaluasi penempatan guru di sekolah yang masih kekurangan guru tersebut. Day melanjutkan, kondisi serupa juga dialami sejumlah sekolah dasar di Kecamatan Teor dan Wakate.


Menurut wakil rakyat ini, kehadiran tenaga guru sangat penting untuk memberikan pendidikan, pengajaran, melatih, mengarahkan serta menilai dan melatih peserta didik sekolah dasar. "Untuk itu Disdikbudpora SBT punya peran penting memajukan mutu pendidikan di daerah ini. Agar siswa di SBT dapat meju dan berkembang sampa seperti siswa di sekolah-sekolah lain" kata Hasan Day.


Untuk itu, Sekretaris Fraksi PKS ini berharap, Pemeritah Daerah (Pemda) SBT melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT menanggapi masalah ini dengan serius mungkin. Karena ini bagaimana mencerdaskan kehidupan setiap anak bangsa. (HN-OPAN)