Hadiri Kofercab HMI SBT Ke-V, Ini Harapan Wabup Idris Rumalutur

Hadiri Kofercab HMI SBT Ke-V, Ini Harapan Wabup Idris Rumalutur

BULA, hunimuanews.com- Organisasi Himpunan Mahasiwa Islam (HMI) cabang Seram Bagian Timur (SBT) mestinya mampu mengevaluasi gerakan mahasiswa, terutama kader HMI yang tengah berproses pada oraganisasi tersebut. Hal ini disebabkan setiap para kader terus diperhadapkan pada zaman digitalisasi yang menuntut mahasiswa untuk menguasai Informasi dan Teknologi. Tidak hanya itu, rekontruksi gerakan para kader pun di upayakan agar seiring dengan tuntunan zaman.

 

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati (Wabup) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur saat membuka secara resmi kegiatan Konferensi Cabang (Konfercab) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang Ke-V (Lima) periode 2021-2022 di Aula KPU SBT Selasa (13/07/21), dengan tema "Merekontruksi Gerakan HMI di Tengah Badai Demokrasi Elektoral"

 

Dalam sambutanya Wabup menjeleskan, berdasarkan tema yang diusung dalam kegiatan tersebut, maka suda seharusnya para kader melakukan kajian dan pemikiran yang berlandasan keislaman dan keindonesiaan dalam menghadapi tantangan zaman. Menurutnya hal itu benar-benar berangkat dari gerakan mahasiswa yang berproses pada satu organisasi tertentu.

 

"Saya sangat setuju dengan tema ini, karena apa? sekarang ini peradaban dunia suda ada pada zaman digitalisasi, olehnya itu gerakan mahasiswa dan kader HMI itu penting dalam menjawab peradaban dunia itu sendiri," jelasnya.

Ketua Yayasan Gita Tita Falamuri ini juga menambahkan, usai dari pelaksanaan kofercab dimaksud akan melahirkan satu pemimpin baru pada organisasi tersebut, dengan demikian para kader HMI diupayakan agar mampu mengawal kepentingan daerah baik pada sisi ekonomi, sosial termasuk tatanam budaya masyarakat di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

 

"Melalui kegiatan ini saya berharap kepada seluruh kader HMI untuk turut serta mengawal pemerintah untuk melakukan pembangunan di daerah ini termasuk kondisi demokrasi kita itu hal penting yang menjadi tanggung jawab adinda adinda sekalian," terangya

 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Kofercab Andre Kelilauw dalam sambutannya mengatakan, sebagai anak bangsa kader HMI akan terus berada pada garda terdepan untuk menyuarakan hak ahak rakyat sebagaimana ditegaskan dalam tujuan HMI.

 

"HMI akan terus eksis dan berkontribusi dengan mengedepankan ilmu dan amal pencipta pengabdi yang berfaskan islam serta bertanggung jawab atas terbentuknya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT," tegasnya

 

Hal senada turut disampaikan Ketua KAHMI kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Muhammad Irfan Buatan. Dalam paparanya Irfan menegaskan usai dari koferensi cabang HMI yang ke lima ini, dirinya berharap agar HMI cabang SBT mampu melahirkan pemimpin yang militan serta mencetak kader-kader terbaik selama berproes di dunia hijau hitam.

 

"Ini harapan kami selaku Alumi, kami berharap gerakan HMI kali ini jauh lebih baik dari sebelumnya, sebab jika tahun kemarin HMI mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan maka melalui konfercab inilah HMI mampu memperbaiki segala kondisi yang terjadi di daerah ini," pintanya

 

Dirinya mengaku, kondisi HMI pada tahun lalu benar mengalami degradasi yang mengakibatkan para kader terlihat pasif dengan kondisi tersebut, ditambah lagi dengan musibah non alam yang melanda di seluruh dunia yakni (COVID-19) membuat aktifitas dan gerakan organisasi mandek hingga turut berpengaruh terhadap pelaksanaan Konferensi cabang HMI SBT yang sebelumnya direncanakan dilaksanakan tahun lalu.

 

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur, Kasat Intel Polres Seram Bagain Timur, Ketua Kahmi SBT, Ketua Umum HMI SBT, Pengurus Badan Koordinasi (Badko) Maluku-Malut, Ketua DPD KNPI SBT Rusdi Rumata, Pimpinan OKP/I, BEM se-SBT, serta para pengurus komisariat Himpunan Mahasiswa Islam pada empat lembaga perguruan tinggi di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). (HN-MR