Hadapi ANBK, Puluhan Proktor Sekolah Dasar di SBT Ikuti Pelatihan

Hadapi ANBK, Puluhan Proktor Sekolah Dasar di SBT Ikuti Pelatihan

BULA, hunimuanews.com- Dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021, puluhan Proktor pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengikuti bimbingan serta pelatihan sebagai pengawas ANBK tahun 2021.

 

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Lab Komputer SMP Negeri 4 Seram Bagian Timur (SBT) Selasa, (12/10/21).

 

Tujuan pelaksanaan pelatihan Proktor itu, diberlakukan sebagai upaya menguasai sistem informasi teknologi (IT) yang kian berkembang pesat dalam dunia pendidikan.

 

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT Sidik Rumalowak kepada Hunimua News mengatakan para proktor yang mengikuti pelatihan tersebut, akan terus digelitiki untuk menguasai teknik serta tugas pengawasan yang dilaksanakan nantinya dalam menghadapi ANBK 2021.

 

"Kami akang melatih mereka terus dengan berbagai pelatihan numenasi, sehingga mereka ini yang nantinya sebagai sumber yang menginspirasi bagi guru dan siswa," kata Rumalowak

 

Dia mengungkapkan, ANBK yang nantinya berlangsung pekan mendatang itu, tidak hanya ujian bagi siswa saja, melainkan menjadi pembelajaran khusus bagi guru bahkan kepada kepala sekolah di sekolah masing-masing. Hal itu menurutnya, dipelajari melalui muatan ilmu yang bakal diterapkan oleh Proktor nantinya.

 

"Jadi ujian ANBK ini bukan cuman siswa saja, tapi guru guru dan kepala sekola juga mempelajari hal yang sama," ujarnya

 

Dikatakan, dalam waktu dekat para tenaga Proktor yang mengikuti pelatihan pada kesempatan itu, pihaknya akan melakukan "LongMars" dengan metode menempatkan para tenaga Proktor itu ke beberapa wilayah semisal Kilmury, Teor Gorom dan Wakate, guna memastikan sekaligus merubah sebuah kondisi analisis wod yang dinilai menjadi tantangan dan kendala dalam pelaksanaan Asesmen Nasional dimaksud.

 

"Para tim Proktor ANBK ini kami akan perintahkan mereka longmars dalam minggu ini ke beberapa wilayah, seperti di Kilmury Wakate Siwalalat dan sebagainya untuk memastikan kondisi dilapangan nantinya," terangnya

 

Diketahui sebanyak 25 tenaga Proktor tingkat Sekolah Dasar (SD) yang di acak untuk mengikuti pelatihan tersebut mengingat keterbatasan anggaran yang tersedia. Namun pihaknya berharap apa yang diperoleh para Proktor selama mengikuti pelatihan tersebut akan di implementasikan secara menyeluruh.

 

Hadir dalam kegiatan itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Sidik Rumalowak, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan dan Olahraga Sudir Rumanama, para pemateri Proktor Provinsi Maluku serta sejumlah tenaga Proktor yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. (HN-Musakrim)