Gerakan Jumat Sedekah Oleh PGRI SBT, Dinilai Tanpa Payung Hukum

Gerakan Jumat Sedekah Oleh PGRI SBT, Dinilai Tanpa Payung Hukum

BULA, hunimuanews.com-Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupten SBT Umar Gasam menanggapi gerakan Jumat sedekah yang dicanangkan Persatuan Guru Republika Indonesia (PGRI) SBT melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikpudpora) kabupaten Seram Bagian Timur.   

 

"Saya secara pribadi sebenarnya tidak mau menanggapi masalah ini, sebab saya tau ini hanya pikiran pak kadis saja dan teman-teman di dinas pendidikan, tanpa punya payung hukum yang jelas". Ungkap Gasam saat menghadiri diskusi yang digelar Forum Komunikasi Pemuda (Forkop) dengan tema "Bacarita Inovasi Pendidikan" Minggu Malam (14/03/21) di kedai revolusi, Pandopo Bula.   

 

Gasam dalam kesempatan itu mengatakan pada prinsipnya satu produk pelaksana pemerintahan di daerah ini harus merujuk pada ruh regulasi itu sendiri.   

 

Ia menyampaikan, dirinya tidak mengetahui secara langsung payung hukum apa yang digunakan sebagai landasan dari program Jumat sedekah senilai Rp 2000 yang dicanangkan oleh PGRI SBT dengan objek sasarannya kepada siswa siswi pada masing-masing sekolah di kabupaten Seram Bagian Timur.   

 

"Beta seng tau sebenarnya program yang dilakukan ini dengan menggunakan dasar hukum apa, apakah peraturan daerah ka, Peraturan bupati ka, beta seng tau". Tandasnya   

 

Selain itu menurut Anggota DPRD dua periode itu, menilai selaku Wakil Rakyat ia tidak ingin menanggapi perosoalan itu secara langsung dalam forum sederhana itu, sebab menurutnya selaku anggota DPRD ada tempat tertentu yang disediakan guna menyikapi masalah tersebut secara baik.   

 

Ia menambahkan siapa saja boleh berinovasi dengan bentuk apapun dalam dunia pendidikan, dengan tidak melampaui ketentuan regulasi yang berlaku, sebagaimana yang telah diataur dalam Permendikbud Nomor 44 tahun 2012, UUD 1945 Pasal 31 ayat 4 serta UU Nomor 20 tahun 2003 tentang pendanaan.   

 

Selain Anggota DPRD SBT dari masing-masing komisi yang hadir, hadir pula Plt Dispudpora SBT, Ketua DPD KNPI sebagai peserta diskusi (HN-MR)