Genjot Ekonomi Masyarakat dengan Program Solid 

Genjot Ekonomi Masyarakat dengan Program Solid 

BULA, hunimuanews.com- Program Smallholder Livelehood Development Project In Eastern Indonesia (SOLID) menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan ekonomi rakyat di kabupaten Seram Bagian Timur. Hal itu diungkapkan kepala dinas Ketahanan Pangan kabupaten SBT, Mirnawati Derlen kepada Wartawan di Bula, Sabtu (17/11).

 

Derlen mengatakan, sejak dilaksanakan di kabupaten SBT pada tahun 2011 lalu, program Solid dengan jenis produksi pangan lokal ini telah menunjukkan dampak postif terhadap ekonomi masyarakat, terutama membuka lapangan kerja.

 

“Setelah saya pertimbangkan dan melihat secara keseluruhan, ternyata menjadi permasalahan pokok adalah bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan masyarakat kita yang ada di pedesaan” ungkap Derlen

 

Hingga saat ini, sudah ada sejumlah jenis pangan lokal yang diproduksi di beberapa kecamatan, diantaranya Minyak Goreng Minlen, Jus Pala Tunil, Kacang Botol Way Solang, Sagu Tabangkit, dan Tepung Sagu.  

 

“Yang menjadi kendala utama adalah di rumah produksi, karena harus memikirkan lagi bagaimana produk-produk ini dapat dipasarkan secara lebih baik lagi,” kata Mirnawati Derlen.

 

Karena itu, lanjutnya saat ini sedang diproses Intsruksi bupati Seram Bagian Timur yang mengatur tentang produk unggulan Solid

 

“Sehingga, diharapkan produk ini sudah menjadi tugas pemerintahah darerah bukan lagi dinas ketahanan pangan saja,  tetapi semua (OPD) harus berkolaborasi untuk meningkatkan dan mengembangkan produk tersebut,”tandasnya.

 

Ia mengungkapkan, anggaran pendampingan Solid berakhir pada tahun 2018, namun program Solid perlu dilanjutkan.

 

Menyoal sumber anggaran pendampingan bila program Solid dilanjutkan, Mirnawati Derlen mengungkapkan, akan ditanggulangi oleh pemerintah menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD kabupaten SBT.

 

Pada kesempatan tersebut, Derlen juga berharap adanya dukungan wartawan untuk mempromosikan produk pangan yang dihasilkan melalui program Solid.(GR/SR)