Gencar Vaksinasi, Puskesmas-Nama SBT Sasar Sejumlah Desa

Gencar Vaksinasi, Puskesmas-Nama SBT Sasar Sejumlah Desa

BULA, hunimuanews.com- Semasa pandemi covid-19, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nama terus melaksanakan agenda vaksinasi.

 

Kali ini, hanya membutuhkan waktu sehari pada Selasa kemarin, mereka mampu menyasar 4 desa di kecamatan Siritaun Wida Timur untuk melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat.

 

Desa yang didatangi para tenaga kesehatan ini diantaranya Desa Administratif Suru, Desa Kwaos, Desa Air Nanang dan Desa Keta. 

Masyarakat yang mengikuti vaksinasi ini terlihat antusias mendatangi tempat vaksinasi tersebut.

 

Kepala Puskesmas Nama kecamatan Siritaun Wida Timur Yaniar.N.Wokas kepada Media ini Rabu,(26/10/21) mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan pihaknya itu sudah kesekian kalinya. Menurutnya, beberapa desa yang didatangi itu, semula telah dilakukan vaksinasi sebelumnya pada beberapa waktu lalu.

 

"Ini vaksinasi secara bertahap yang kami lakukan di beberapa desa ini, meskipun sedikit masyarakat yang divaksin tapi mereka punya semangat dan kesadaran untuk divaksin," kata Wokas

 

Dijelaskan, vaksinasi yang dilaksanakan itu melalui tahapan dan tidak secara terus menerus. Ia membeberkan, meski sedikit masyarakat di setiap desa yang mengikuti vaksinasi tersebut, namun memiliki semangat serta kesadaran akan vaksinasi yang dinilai aman dan halal.

 

"keta merupakan desa yang paling antusias masyarakatnya untuk vaksinasi. Beta salut degan desa keta baru pertama kali desa di kecamatan siritaun yang tingkat antusias masyarakatnya tinggi terhadap vaksinasi covid 19," jelasnya 

 

Wokas yang kerap disapa "Ibu Kapus" itu mengapresiasi upaya masyarakat yang mengikuti vaksinasi tersebut. Tidak hanya itu, hingga malam tiba proses vaksinasi pun masih tetap berlanjut.

 

Dikatakan, jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Selain itu, jumlah masyarakat pada masing-masing desa yang mengikuti vaksinasi tersebut ikut disampaikan.

 

"Desa Suru 17 orang, desa Kwaos 12 orang, Airnanang 14 orang, Keta 49 orang.

total 92 orang," terangnya

 

Pada kesempatan itu, sebanyak 92 warga yang divaksin dari empat desa tersebut. Hal rutin yang dilakukan para tenaga kesehatan di Puskesmas Nama ini, adalah dengan cara menjemput bola alias mendatangi langsung setiap desa.

 

Kedatangan itu tak lain adalah melakukan sosialisasi pemahaman terhadap masyarakat hingga sampai pada proses vaksinasi.

 

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya turut mengapresiasi langkah kerjasama antara pihak keamanan Danpos dan Kapospol di kecamatan Siritaun Wida Timur yang senantiasa mengawal jalanya vaksinasi tersebut. (HN-MR