Gelar Rapat Evaluasi, Bawaslu SBT Undang Partai Politik

Gelar Rapat Evaluasi, Bawaslu SBT Undang Partai Politik

BULA, hunimuanews.com-Pelaksanaan rapat evaluasi penyelesaian sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 lalu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Seram Bagian Timur mengundang sejumlah Partai Politik (Parpol) di kabupaten SBT, guna mengevaluasi penyelesaian sangketa dimaksud. Kegiatan tersebut dipusatkan di Lantai 3 Hotel Surya Bula Sabtu, (17/07).

 

Rapat evaluasi itu, Bawaslu Seram Bagian Timur mengundang beberapa partai politik (Parpol) yang diketahui pada pasca Pilkada 2020 lalu berkedudukan sebagai partai pengusung pada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Namun dari sekian banyak partai politik itu, yang terlihat hadir terhitung empat partai diantaranya, PKS, PAN PDIP, dan Golkar.

 

Ketua Bawaslu Seram Bagian Timur, Supardjo Rumakamar dalam sambutannya mengatakan, evaluasi penyelesaian sangketa Pilkada yang dilaksanakan pada kesempatan itu tidak hanya satu rangkaian penyelesaian pada tingkat pilkada saja. Melainkan pembahasan rangakaian itu kata Rumakamar, sekaligus berlanjut pada proses serta tahapan-tahapan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

 

"Kegiatan yang dilakukan Bawaslu pada kesempatan ini setidaknya menjadi bekal menajdi bahan bagi pimpinan pimpinan partai politik untuk lebih menyiapkan diri agar dapat memenuhi persyaratan perundang-undangan sebagai peserta pemilu 2024 nanti," kata Rumakamar mengawali sambutannya

 

Mantan aktifis IMM ini juga menyenggol soal kedisiplinan beberapa partai politik yang sering lihai dalam menghadiri penyelenggara pemilu di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Hal ini menurutnya, satu tabiat yang sering dilakukan oleh Partai Politik maupun pimpinan partai politik tentunya tidak efektif.

 

"Ini saya singgung soal KPU yang dua kali melakukan Rakor tentang penetapan data pemilih berkelanjutan, ini adalah inti atau esensi dari penyelenggaraan pemilu itu, tapi tidak ada parpol yang menghadiri kegiatan itu," bebernya

 

Sementara Kordinator Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu SBT, Ny. Rosna Sehwaky dalam paparannya menjelaskan, pelaksanaan kegiatan evaluasi penyelesaian sangketa Pilkada itu, bertujuan untuk mengkonfirmasikan kepada semua pimpinan partai politik termasuk bagi semua peserta yang hadir pada kesempatan itu, tentang peran Bawaslu dalam menangani sangketa Pilkada. Namun kehadiran partai politik itu tidak seperti yang diharapkan, malah terdapat empat partai politik saja yang berkenan hadir.

 

"Kami kira ini hal yang paling urgen atau penting hingga kita bisa sama sama hadir disini untuk mengikuti kegiatan ini," ujarnya

 

Rosna mengungkapkan pihaknya merasa kesal atas ketidak hadiran para pimpinan partai politik lainya, dalam acara dimaksud. Menurutnya kegiatan tersebut cukup penting, untuk itu kehadiran para partai politik ini sangat di utamakan.

 

Diketahui dalam pelaksanaan rapat evaluasi itu, terdapat pemaparan materi evaluasi kepada semua peserta yang turut hadir.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Seram Bagian Timur Supardjo Rumakamar, Kepala Sekretariat Bawaslu SBT A. Junaidi Saimima. Ny, Rosna Sehwaky Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu SBT, Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar lembaga Syaifudin Rumbory.

 

Sejumlah pengurus Partai Politik (Parpol) serta beberapa staf Bawaslu yang turut hadir pada kesempatan itu. (HN-MR