Gelar Peringatan Isra Mi'raj, Ini Langkah Muslimah GPI SBT

Gelar Peringatan Isra Mi'raj, Ini Langkah Muslimah GPI SBT

BULA, hunimuanews.com-Muslimah Gerakan Pemuda Islam (GPI) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar acara Isra Miraj Nabi Muhammad SAW bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten SBT, Kamis (11/03/2021).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Kementerian Agama SBT Moksen Mahu, Ketua DPD KNPI SBT Rusdy Rumata, Perwakilan Organisasi Perempuan SBT, Pengurus GPI dan Pengutus GPI Muslimah SBT serta Perwakilan OKP /OKPI SBT.


Gelaran acara dimaksud bertujuan sebagai bentuk memperingati kisah perjalanan suci Nabi Muhammad SAW. Dengan mengusung tema “Iplementasi Hijrah Rasul Dalam Kehidupan Manusia di Era Melinial„ di Bumi yang dahulunya di juluki sebagai Negeri Tuang Guru Mengaji itu.


Acara yang terbilang serba sederhana dan bermakna ini di awali dengan pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur'an oleh Uhty Karmila Rumasukun yang juga salah satu kader GPI Muslimah SBT.


“Ini adalah agenda perdana yang terus kami laksanakan nantinya. Alhamdulillah tahun ini peringatan Isra Miraj 1442 Hijriah juga dihadiri salah satu istri anggota DPRD Kabupaten SBT Samad Rumakabis yaitu yunda Santi Kamala Rumadaul,” ujar Ketua Muslimah GPI Kabupaten SBT Nur Amina Lessy kepada media ini usai acara.

 

Selain itu, Lessy mengungkapkan tujuan positif dari kegiatan ini adalah memotivasi umat Islam untuk dapat menjadi tauladan yang baik dari Rasulullah SAW dalam mematuhi perintah Allah SWT dengan ketentuannya serta dapat menerapakan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ketua DPD KNPI SBT Rusdy Rumata saat menghadiri kegiatan itu mengharapkan, kegiatan Isra Miraj dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

“Di bulan Rajab ini Nabi Muhammad SAW menerima perintah mengerjakan salat ketika beliau Isra Miraj. Karena itulah saya menghimbau kepada seluruh ummat Islam terutama organisasi kepemudaan agar menegakkan shalat karena dengan salat agama menjadi tegak dan sholat adalah pencegah dari perbuatan mungkar,” urainya.

 

Kegiatan tersebut diisi dengan tausiyah yang di bawahkan oleh Ustad Moksen Mahu, yang juga Plt Kepala Kemenag Kabupaten SBT. Dalam tausiyah itu dirinya menerangkan pentingnya memperingati isra mi'raj Nabi Muhammad SAW sebagai tanda kecintaan kita kepada orang mulia tersebut.

 

"Untuk dapat kita mencontoh dan meneladani akhlak Nabi Muhammad Saw. Kita mencontoh akhlak nabi Muhammad Saw paling tidak dengan menerapkan empat sifat nabi Muhammad SAW, yakninya shidik, amanah, fathanah, dan tabligh," tutur orang nomor wahid di Kantor Kemenag SBT itu.

 

Sementara itu, Santi Kamala Rumadaul  mengatakan, dirinya merasa bersyukur bisa hadir diacara yang penuh berkah tersebut.  

 

“Saya bisa bersilaturahmi dengan para kader GPI Muslimah dan undangan yang hadir. Dengan peringatan Isra Miraj, marilah kita terus mentauladani Rasulullah dan membumikan sholawat,” Ujar Santi

 

Dengan bershalawat, Lanjut Kamala yang  juga sebagai pembina pada GPI Muslimah SBT ini, hidup kita akan menjadi berkah.

 

“Perbanyak membaca shalawat hidup kita akan selalu berkah dan shalawat juga memberikan ketenangan batin,” tandasnya.

 

Sebagai penutup pada rangkaian kegiatan itu di isi dengan suguhan puisi dan qasida dari kader GPI Muslimah SBT. (HN-MR)