Gandeng Pemkab, OKP/I Se-SBT Gelar Upacara Sumpah Pemuda

Gandeng Pemkab, OKP/I Se-SBT Gelar Upacara Sumpah Pemuda

BULA, hunimuanews.com-OKP/OKPi Se-SBT bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur menyelenggarakan upacara memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021.

 

Upacara tersebut berlangsung di pelataran kantor Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Kamis, (28/10/21). Dengan tema "Maju, Bangkit dan Tumbuh"

 

Turut hadir dalam upacara tersebut Plt.Sekretaris Daerah(Sekda) Seram Bagian Timur (SBT) Djafar Kwairumaratu, Wakapolres SBT La Udin Taher Kejari SBT Moh Ilham, Kepala Pengadilan Negeri Dataran Hunimua Awal Darmawan Ahmad Asisten I SBT A.Y.T Wokanubun, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD SBT, serta para Pimpinan OPD dalam lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur.

 

Djafar Kwairumaratu selaku Inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan, gagasan tema yang diangkat dalam momen tersebut mempunyai makna tertentu. Menurutnya tema tersebut sesungguhnya diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa.

 

"Tema ini sangat penting bagi semua elemen, karena di tangan pemudalah kita semua berharap Indonesia bisa bangkit dan maju dari keterpurukan selama masa pandemi ini," katanya

 

Dia menyatakan, jika pemuda terdahulu mampu keluar dari jebakan dan sikap-sikap primordial suku agama ras dan etnis, maka tanggung jawab pemuda di era melinial ini sejatinya sanggup membuka pandangan ke luar dari kondisi tersebut. 

 

Tak hanya itu, karakter dan kapasitas para pemuda Indonesia khususnya di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mesti berinovasi dan kreatif untuk menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

 

"Untuk itu memontum hari sumpah pemuda yang kita peringati pada hari ini, harus menjadi predikat persatuan untuk sama sama bangkit melawan pandemi," ujarnya

 

Sementara Ketua Panitia penyelenggara momentum peringatan hari sumpah pemuda ke 93 Irwan Derlen menjelaskan, kegiatan yang motori oleh dirinya dan rekan- rekan panitia itu, merupakan langkah awal bagi mereka untuk meletakan semangat kepemudaan di momentum bersejarah ini.

 

"Ini langkah awal bagi kami dalam menyelenggarakan upacara ini, kemudian kami juga diberi kepercayaan oleh pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan yang menurut kami menjadi sejarah bagi kami dan kita semua," jelas irwan

 

Ketua cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Seram Bagian Timur (SBT) itu menandaskan, untuk memperingati hari sumpah pemuda ke 93 tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dikbudpora SBT menjalin kerja sama dengan seluruh OKP/i termasuk KNPI SBT guna melaksanakan kegiatan dimaksud.

 

"Ini satu kerja sama antar pemkab dengan kami termasuk KNPI untuk bagaimana kami mempunyai andil dalam melaksanakan hajatan negara ini," tandasnya

 

Irwan berharap, dengan terlaksananya kegiatan tersebut, seluruh pemuda dan pemudi di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa ini tetap bersatu. Memupuk semangat baru dalam membangun kabupaten penghasil minyak bumi itu lebih baik dari waktu sebelumnya. 

 

Diketahui dalam upacara tersebut, bertugas sebagai pemimpin upacara Camat Tutuk Tolu Saiful Rumodar, petugas pengibar bendera dan paduan suara adalah Siswa-siswi SMP dan SMA di kota Bula kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)

 

Sementara peserta upacara terdiri dari pasukan TNI Satpol PP OKP/i se SBT serta para pegawai dalam lingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur. (HN-MR)