Dukcapil SBT Tuan Rumah Launching GISA Maluku  

Dukcapil SBT Tuan Rumah Launching GISA Maluku  

BULA, hunimuaniews.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Seram Bagan Timur dipercayakan sebagai tuan rumah peluncuran Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) provinsi Maluku. Gerakan ini resmi di launching Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrollah di Bula, Selasa (6/11).

 

Hadir pada acara tersebut, bupati kabupaten SBT Abdul Mukti Keliobas, para kepala dinas Dukcapil 10 kabupaten/kota lain di Maluku, pimpinan dan anggota DPRD, pimpinan TNI/Polri, perwakilan OKP/I, tokoh pemuda, serta ratusan warga setempat.

 

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrollah mengatakan, program GISA merupakan upaya pemerintah untuk menyediakan data kependudukan bagi semua warga.

 

Dikatakan, dengan data kependudukan yang lengkap, pemerintah juga dapat terbantu dalam membuat dan melaksanakan kebijakan pembangunan. Terutama kebijakan yang menyentuh langsung dengan masyarakat.

 

Ia berharap pemerintah daerah dan semua pihak terkait terus aktif mengurus dokumen kependudukan, berupa Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk, Akta Nikah, Kartu Keluarga, maupun Akta Kematian bagian warga yang meninggal dunia.

 

“Saya minta tolong mari gunakan data dukcapil untuk semua keperluan. Misalnya membagi bantuan sosial. Siapa yang dapat bantuan, ketik NIK (Nomor Induk Kependudukan-red), sehingga dapat diketahui. Nanti dapat didata dengan baik,”ungkapnya.

  

Di tempat yang sama, bupati kabupaten SBT, Abdul Mukti Keliobas menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepercayaan Dirjen Dukcapil kepada pemerintah kabupaten SBT sebagai tuang rumah Launching GISA.

 

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Seram Bagian Timur, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas keputusan yang sungguh menyejukkan ini,”ucapnya. (SR)