DPRD SBT Tinjau Posko Covid-19 di Perbatasan

DPRD SBT Tinjau Posko Covid-19 di Perbatasan

BULA, hunimuanews.com -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menyambangi Posko Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 perbatasan SBT-Malteng, di Desa Banggoi, Kecamatan Bula Barat,  Rabu (8/04/2020)


Dalam kunjungan tersebut, para wakil rakyat itu berdialog bersama Tim gugus  perbatasan, yakni Camat Bula Barat,   dokter, para tenaga medis, serta anggota TNI dan Polri, terkait kendala yang didapatkan selama berada di posko perbatasan itu. 


Dari hasil dialog tersebut, baru diketahui bahwa alat pendeteksi suhu tubuh di posko gustus SarS-coV-2 di perbatasan SBT-Maluku Tengah ini sementara rusak (tidak berfungsi),  Sehingga orang yang melintasi jalur itu hanya didata identitasnya.


Selain itu, para Satuan Tugas penanganan Virus Corona di perbatasan daerah ini juga tidak difasilitasi Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai, bahkan mereka mengakui kurang mendapat perhatian dari satuan tugas covid-19 kabupaten,  terkait kebutuhan mereka.


Menyikapi hal itu, Ketua DPRD SBT Noaf Rumau yang memimpin langsung kunjungan tersebut, mengatakan akan menyampaikan kepada Satuan tugas percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 kabupaten,  untuk memberikan segala keperluan sesuai dengan kebutuhan Tim gugus di perbatasan ini. 


Politisi partai keadilan sejahtera ini  mengungkapkan, keadaan seperti ini tidak boleh dibiarkan, karena dapat bedampak buruk terhadap daerah SBT.  Ia mengatakan akan segera melakukan rapat dengan Satuan Tugas Penangan Covid- 19 Kabupaten untuk membahas masalah tersebut. 


Selain itu, Rumau  mengungkapkan, kunjungan mereka di posko perbatasan ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Penanggulangan Bencana Daerah SBT,  Usman Keliobas,  terkait  kesulitan satuan tugas covid 19 dalam mengendalikan kendaraan yang melintasi jalur perbatasan tersebut.


Kendaraan yang keluar masuk wilayah SBT  ini menurut Rumau, tidak boleh lolos dari pemeriksaan Tim Gugus penaganganan Covid-19. Ia berharap Tim Gustus (Gugus Tugas,red) perbatasan ini, lebih ketat dan dan maksimal dalam pemeriksaan kendaraan maupun orang yang melintasi jalur ini


"Kami sudah melihat langsung keadaan ini,  jadi saya sudah memberikan saran kongkrit kepada Camat Bula Barat,  agar meletakkan papan informasi sekitar 50 meter dari posko ini", ungkapnya


Ia berharap dengan adanya papan informasi, setiap keandaraan yang melintasi jalur perbatasan SBT-Malteng ini mengetahui adanya posko penanganan pencegahan virus Corona, sehingga mereka dapat mengurangi kecepatan mobil serta berhenti sejenak guna melakukan pemeriksaan.

Selain meningkatkan pemeriksaan dan penjagaan perbatasan SBT-Malteng, di Kecamatan Bula Barat, Rumau mengingatkan agar upaya yang sama juga harus dilakukan oleh Tim Gustus Covid-19 yang berada di Kecamatan Siwalalat.


Upaya pencegahan Virus Corona ini, kata Rumau, juga harus dimaksimalkan di kecamatan, khususnya kecamatan Kesuy-Watubela, karena daerah ini merupakan perbatasan dan pintu masuk orang dengan menggunakan speedboat dari Maluku Tenggara (Tual). (HN-03)