DPRD - Disdukcapil Akan Semeja Bahas E-KTP

DPRD - Disdukcapil Akan Semeja Bahas E-KTP

 

BULA, hunimuanews - DPRD Seram Bagian Timur akan mengundang dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, guna membahas nasib ribuan warga yang terancam tidak memilih karena belum memiliki KTP Eleteronik.

 

Hal tersebut terungkap saat rapat paripurna tutup buka masa siding DPRD Seram Bagian Timur tahun 2018 pada, Selasa (8/5) malam.

 

Ketua DPRD kabupaten SBT, Agil Rumakat kepada wartawan usai rapat paripurna tersebut mengatakan, bila masalah terkait empat belas ribu lebih warga di daerah ini yang belum memiliki KTP  tidak diselesaikan, dapat  membuat para  warga tersebut tidak dapat menggunakan hak memilih.

 

Selain itu, jumlah anggota DPRD provinsi Maluku dari Seram Bagian Timur tidak dapat bertambah, tetap tiga orang akibat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak bertambah.

 

Karena itu, DPRD akan mengudang intansi terkait, guna membahas masalah tersebut, sehingga dapat diselesaikan secepatnya.

 

Di tempat yang sama, kepala dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Seram Bagian Timur, Sidik Rumalowak mengakui, pihak terus melakukan perekaman di sejumlah kecamatan, diantaranya kecamatan Pulau Gorom, Gorom Timur, Pulau Panjang, Teluk Waru dan kecamatan Bula Barat.

 

Hanya saja, lanjut Rumalowak, perekaman tersebut bukan berdasarkan data dari KPUD,  Sehingga, tidak dapat dipastikan, para warga yang dilayani dalam perekaman tersebut bagian dari empat belas ribu warga yang terancam tidak dapat memilih atau bukan.  

 

Pihaknya pun siap bila diundang oleh DPRD guna membahas masalah warga yang belum memiliki KTP tersebut. (HN-MB)