DLH SBT Siap Maksimalkan Penataan Sampah di Kota Bula

DLH SBT Siap Maksimalkan Penataan Sampah di Kota Bula

BULA, hunimuanews.com- Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) siap siaga memaksimalkan penataan sampah termasuk lingkungan sekitar di Kota Bula SBT.

 

"Ya jadi dalam menghadapi HUT RI yang ke 76 tahun ini tentunya selaku Dinas terkait pastinya kita siap siaga dalam melakukan penataan lingkungan termasuk memaksimalkan penanganan sampah di setiap sudut dan ruas jalan di Kota Bula," ungkap Plh Dinas Lingkungan Hidup Ilham Hoedrawi kepada Wartawan di ruang kerjanya Senin ( 09/08/21).

 

Dijelaskan Ilham, sebelumnya pihaknya suda sering melakukan upaya pembersihan lingkungan sejak awal sebelum momentum perayaan 17 Agustus. Hal itu dilakukan dengan berbagai upaya, termasuk menyediakan sejumlah Tempat Penampungan Sampah (TPS). Tujuannya agar memudahkan masyarakat membuang sampah pada tempat yang suda disediakan.

 

"Katong sediakan tempat tempat sampah itu, biar masyarakat mudah buang sampah jangan lagi ada yang buang di samping samping jalan, apalagi tabrak ke kali atau sungai untuk buang sampah," harapnya

 

Selain itu, dalam menyongsong momentum HUT RI ke 76 ini, Ilham mengaku pihaknya tentu lebih gencar lagi melakukan tugas tugas dimaksud. Apalagi dirinya yang dipercayai sebagai ketua panitia penyelenggara HUT RI ke 76 itu, upaya penataan lingkungan dan lebih khususnya penanganan sampah di Ibu Kota Kabupaten Seram Bagian Timur ini tentunya diperioritaskan.

 

"Yah walaupun masih ada beberapa ruas ruas jalan dalam kota yang masih belum ditangani, namun harapan dan upaya penanganan sampah pada titik titik itu pasti akan kami tangani secepatnya kebetulan saya juga diberi kepercayaan sebagai ketua penyelenggara HUT RI tentunya bagian dari tanggung jawab kita," akuinya

 

Disamping itu lanjut Ilham, selain memaksimalkan penataan lingkungan termasuk penanganan sampah jelang HUT RI Ke -76 di Kota penghasil minyak bumi ini, dirinya turut mengakomudir persiapan pelaksanaan upacara memperingati Hari Lahir (Harla) Negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus mendatang.

 

Dikatakan pelaksanaan upacara memperingati kemerdekaan itu dipusatkan di halaman Pandopo Bupati. Kegiatan tersebut kata Ilham, dilaksanakan secara sederhana dengan keterlibatan peserta upacara yang cukup terbatas sesuai petunjuk pelaksanaan upacara yang dikeluarkan Kemendagri. Hal itu diberlakukan mengingat kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19.

 

"Iya upacara ini dilaksanakan secara sederhana saja, para pasukan paskibra juga dibatasi mungkin hanya pasukan delapan, dan keterlibatan beberapa personil TNI Polri dan para peserta upacara," terang Ilham

 

Diakui untuk peserta upacara pada tanggal 17 Agustus mendatang melibatkan para pegawai dilingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur berkisar 30-40 peserta, sementara undangan diperkirakan mencapai 100 orang termasuk TNI Polri. (HN-MR