Distanak SBT Pastikan Kondisi Hewan Qurban Tahun Ini Tetap Sehat

Distanak SBT Pastikan Kondisi Hewan Qurban Tahun Ini Tetap Sehat

BULA, hunimuanews.com-Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) akan memastikan kondisi hewan qurban berupa sapi, kerbau, dan kambing yang diperuntukkan untuk diqurbankan pada lebaran Idhul Adha 1442 Hijriah tahun ini tetap sehat.

 

Kepastian ini disampaikan Syurahman Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (8/7/21).

 

Dijelaskan Syurhman, selaku dinas terkait tentunya ada pengawasan baik yang akan dilakukan oleh bidang tertentu, berupa tenaga teknis yang bakal dipersiapkan untuk mendeteksi setiap masalah kesehatan yang terdapat pada ternak qurban tersebut.

 

"Akan kita upayakan agar penyebaran hewan ternak ini dapat tersentuh pada semua desa. Namun yang terpenting adalah kesiapan untuk menjamin kondisi kesehatan hewan qurban ini yang perlu diutamakan," terangnya.

 

Ia berharap, ternak qurban yang akan dipersiapkan untuk qurban nanti mestinya benar-benar sehat. Mengingat daging qurban berupa sapi kerbau dan jenis ternak lainnya itu akan dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Selain itu Syurahman menambahkan, setiap tahun dinas setempat memperkirakan hewan qurban yang diperuntukkan bagi daerah berkisar diatas lima puluh persen meliputi ternak besar berupa sapi dan kerbau sebanyak 70-80 ekor. Sementara ternak kecil semisal kambing ditargetkan diatas 60-70 ekor.

 

"Iya jadi setiap tahun itu kami perkirakan pemotongan hewan qurban diatas angka itu, 70-80 ekor itu khusus untuk ternak besar sedangkan ternak kecil berkisar 60 sampai 70 ekor," jelasnya. (HN-MR