83 Peserta PKKMB Resmi di Bai'at Sebagai Mahasiswa STKIP IWN Bula

83 Peserta PKKMB Resmi di Bai'at Sebagai Mahasiswa STKIP IWN Bula

BULA, hunimuanews.com- Sebanyak 83 peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) resmi di Bai'at oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Sidik Rumalowak, sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa (IWN) Bula. Prosesi pembayatan tersebut digelar di pelataran Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Jumat Malam,(14/8/21).

 

Para peserta PKKMB yang mengikuti pembayatan itu terdiri dari tiga program studi diantaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

 

Wakil Ketua I Bidang Akademik Dzul Kifli Rettob dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ini merupakan manajemen baru pada STKIP Ita Wotu Nusa Bula. Dikatakan, perubahan manajemen pelaksanaan PKKMB itu telah dituangkan dalam surat edaran dirjen Nomor B./636/.B./B3.0/2019 sebagai panduan umum Pelaksanaan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru.

 

"Jadi STKIP IWN sudah tidak lagi menyelenggarakan ospek, istilah ospek ini suda diganti yang dituangkan dalam surat edaran dirjen sejak 2019 yang disebut dengan PKKMB ini," ujar Rettob

 

Dijelaskan, masa transisi mahasiswa dalam pelaksanaan PKKMB itu perlu diberlakukan. Hal itu bertujuan sebagai satu metode baru untuk menggenjot para peserta PKKMB yang sebelumnya menjadi siswa menuju kapasitasnya sebagai mahasiswa. 

 

Selain itu Retob membeberkan, masa pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru ini selalu dilaksanakan dengan bersandar pada background lembaga, dengan merujuk pada spesifikasi ilmu yakni keguruan. Hingga hal itu lanjut dia, setiap para peserta PKKMB selalu dilatih berperilaku dan berpenampilan layaknya seorang guru.

 

 

"Guru tidak harus berpenampilan yang tidak terkesan lain bahwa itu bukan guru, makanya setiap pelaksanaan kegiatan semacam ini para calon mahasiswa ini selalu dituntut bertindak layaknya guru dari sisi penampilan karakter dan lain sebagainya," terangnya

 

Dikesempatan yang sama, Kepala BAK STKIP Ita Wotu Nusa Bula, Aditya Dirgantara Wokas kepada wartawan menjelaskan, dirinya berharap para calon Mahasiswa Baru (Maba) yang mengikuti pelaksanaan PKKMB tahun 2021 mampu menempatkan diri selaku mahasiswa usai dibayat sebagai mahasiswa pada STKIP Ita Wotu Nusa Bula.

 

"Secara pribadi saya berharap,semoga adik adik atau para peserta PKKMB ini mampu menciptakan hal baru seketika lepas mengikuti pelaksanaan PKKMB ini," harapnya

 

Selain itu Aditya mengaku, pada pelaksanaan PKKMB tersebut, melibatkan sejumlah pamteri yang terdiri dari Polres Seram Bagian Timur, Tim Satgas Covid 19 Seram Bagian Timur, Plt, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten SBT, Bagian Akademik STKIP IWN.

 

Dikatakan, masing-masing pemateri yang memaparkan materinya pada pelaksanaan kegiatan tersebut berangkat dari kondisi kontekstual kekinian yang perlu diterapkan terhadap peserta PKKMB STKIP Ita Wotu Nusa.

 

Diketahui kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 08:00 Wit hingga pukul 21:00 yang berakhir dengan prosesi pembayatan yang dilaksanakan di pelataran kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Timur Jumat malam. (HN-MR)