4 Anak di SBT Menderita Gizi Buruk

4 Anak di SBT Menderita Gizi Buruk

BULA, hunimuanews.com-Empat anak di kabupaten Seram Bagian Timur menderita gizi buruk. Saat ini mereka mendapat perawatan medis secara intensif di Rumah Sakit Umum Bula. 

 

Para penderita gizi buruk tersebut antara lain dua  kakak beradik Ona Lasari (3) dan Ishak Lasari (1,10), Indra Rumalutur (1,7), dan Amar Kotawasih (4,5).

 

Ona Lasari dan adiknya Ishak Lasari merupakan penderita gizi buruk asal kecamatan Seram Timur, Indra Rumalutur berasal dari kecamatan Tutuk Tolo, dan Amar Kotawasih meruakan penderita gizi buruk yang berasal dari kecamatan Pulau Panjang.

 

“Yang pertama masuk dari Geser ( Seram Timur-red) sudah satu Minggu di sini, kemudian yang dari Tutuk Tolo, lalu yang dari Pulau Panjang,”kata Dokter Spesialis Anak pada RSUD Bula, dr. Hasriza Eka Putra kepada wartawan di ruang kerjanya, Minggu (18/11).

 

Disebutkan, saat pertama masuk di RSUD, berat badan Ona Lasari 7 kilogram, Ishak Lasari 6 Kilogram, Amar Kotawasih 11 Kilogram, dan Indra Rumalutur 6,3 Kilogram

 

Terkait kondisi empat anak tersebut, Eka Putra mengatakan, secara keseluruhan untuk saat ini pasien yang kondisinya paling buruk adalah Indra Rumalutur. 

 

“Jadi, untuk kasus gizi buruk, kondisi pasien itu kita lihat penyakit penyertanya yang buruk. Saat ini yang paling buruk anak yang dari Tutuk Tolo, mengalami komplikasi lebih buruk dari yang lainnya. Penurunan kesadaran per hari ini,”ungkapnya.

 

Sementara, lanjut dr. Hasriza Eka Putra kondisi Ona Lasari dan adiknya Ishak saat ini membaik.  

 

“Yang satu (Ishak-red) kondisinya bagus. Sudah fase rehabilitasi. Yang satunya lagi, kakaknya sudah bagus dan dalam masa transisi ke fase rehabilitasi,”sebutnya.

 

Sedangkan terkait kondisi Amar Kotawasih, dr. Hasriza Eka Putra mengakui masih sama saat pertama tiba di RSUD Bula.

 

“Yang dari Pulau Panjang itu, karena baru masuk jadi kondisinya masih sama seperti saat saya terima,”ungkapnya.(SR/GR)