145 Sekolah Dasar Se-SBT Resmi Umumkan Hasil Kelulusan

145 Sekolah Dasar Se-SBT Resmi Umumkan Hasil Kelulusan

BULA, hunimuanews.com- Sebanyak 145 tingkat Sekolah Dasar (SD) dinyatakan resmi menyampaikan hasil kelulusan yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa,(15/6/21). Penyampaian hasil kelulusan ini dipandu langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Sidik Rumalowak.

 

Secara kumulatif hasil ujian tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2021 di kabupaten SBT mencapai 95,5%, Atau dengan kata lain tahun ini semuanya dinyatakan lulus. Dijelaskan Waktu pengumuman ini disesuaikan dengan kalender pendidikan nasional.

 

"Alhamdulillah lulus 95,5%. Sedangkan yang tidak lulus adalah peserta yang terdaftar tapi tidak ikut ujian," Kata Rumalowak dalam keterangan pers di kantornya, Rabu (16/06).

 

Rumalowak menjelaskan sebelum diumumkan hasil tersebut, kepala sekolah dan dewan guru pada masing-masing satuan pendidikan sudah lebih dahulu menggelar rapat penentuan kelulusan. Hasil kelulusan diambil dari akumulasi semua nilai bukan saja nilai hasil tes melainkan juga nilai tambahan lain semisal ekstra kurikuler.

 

Ditambahkan Rumalowak, jumlah siswa yang mengikuti ujian tahun ini sebanyak 2.522 siswa dari 145 SD. Dari jumlah itu 1.982 siswa berasal dari SD Negeri, sedang 270 siswa lainnya berasal dari 18 SD swasta yang ada di kabupaten penghasil minyak bumi, cengkeh dan pala ini.

 

Pengumuman hasil itu dilakukan secara virtual. Hal ini juga dimanfaatkan Dinas Pendidikan setempat sebagai kesempatan untuk mengidentifikasi ketersediaan dan kualitas jaringan internet di masing-masing sekolah sebagai kesiapan pelaksanaan Asesmen Nasional. Dimana pelaksanaan Asesmen Nasional ini telah digagas sebagai pengganti setelah keluar kebijakan dihapusnya Ujian Nasional. (HN-AL)