12 Parpol Dinyatakan Lolos Fervak Oleh KPU SBT

12 Parpol Dinyatakan Lolos Fervak Oleh KPU SBT

Bula SBT, hunimuanews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), sebagai penyelenggara pemilu telah melakukan ferivikasi faktual terhadap seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang memenuhi syarat verifikasi faktual.

Junedi Mahad kepada wartawan menyampaikan Proses tahapan ferivikasi memakan waktu dua hari, terhitung sejak  tanggal 31 hingga 01 Februari  2018. proses ferivikasi faktual dari 12 partai tersebut, dinyatakan  memenuhi syarat (MS).

“Parpol yang di nyakan lolos verifikasi tersebut yaitu Nasdem, Demokrat, PBB, PAN, Hanura, Golkar, PKB, PDIP, PKS, Gerindra, PPP, dan PKPI,” Ungkap Junedi

Lanjutnya, proses tersebut sudah sesuai peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, serta Nomor 6 Tahun 2018 tentang verifikasi dan penetapan parpol.

Junedi menuturkan, pada tahap verifikasi tersebut, KPU Kabupaten SBT mengecek sejumlah aspek. KPU mengecek kesesuaian lokasi kantor partai yang bersangkutan dengan alamat yang diserahkan kepada KPU dalam pemberkasan.

Dalam fervak tersebut juga, KPU mencocokkan kondisi fisik anggota partai dengan dokumen identitas yang diberikan kepada KPU, seperti KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan juga mengecek keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai politik. Tegasnya

Junedi menyampaikan data tersebut akan diserahkan kepada KPU Provinsi dan ditindaklanjuti di KPU RI untuk kembali diverifikasi, bersamaan dengan data yang diperoleh KPU RI ketika melakukan menverfikasi faktual di tingkat DPP. (HN - BaimR)