Wartawan di SBT Berbagi Informasi dengan Bawaslu

Wartawan di SBT Berbagi Informasi dengan Bawaslu

BULA, hunimuanews.com-Sebagai salah satu upaya pengawasan terhadap Pemilu 2019, Komisioner Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) kabupaten Seram Bagian Timur menggelar  pertemuan dengan sejumlah wartawan di daerah ini, Jumat (24/8).

 

Pertemuan yang digelar di kantor Bawaslu kabupaten SBT tersebut, sebagai salah satu forum berbagi informasi tentang pemetaan indeks kerawanan Pemilu 2019.

 

Para wartawan yang hadir pada pertemuan tersebut Kontributor TVRI Stasion Maluku Mansyur Boinauw, Reporter RRI Bula Syarul Adi, Reporter harian Spektrum Bakri Wattimena, Reporter Hunimuanews.com Hasan Rumbouw, Reporter Siwalima Abdul Wahab Hayoto, dan Reporter Cengkepala.com Ibrahim Rumadaul.

 

“Ini salah satu agenda menjelang Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019, berkaitan dengan pemetaan indeks kerawanan Pemilu 2019. Sesuai instruksi dari Bawaslu pusat, kita bekerjasama dengan semua stakeholder, termasuk teman-teman wartawan dalam melakukan pengawasan,”kata ketua Bawaslu kabupaten SBT, Rosna Sehwaky.

 

Pada kesempatan tersebut, para wartawan berbagi informasi tentang pemetaan wilayah serta bentuk kerawanan Pemilu berdasarkan hasil pantauan serta reportasi pada saat Pemilu maupun Pemilukada sebelumnya.

 

Selain menyampaikan informasi secara lisan saat pertemuan tersebut, para wartawan juga mengisi Angket Instrumen survey nasional terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

 

“Berbagai infomasi ini akan kami laporkan kepada Bawaslu pusat untuk dilakukan kajian dalam rangka pengawasan Pemilu 2019,”ungkap Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten SBT, Syaifudin Rumbory.

 

Sinergitas untuk mengawasi Pemilu akan terus dilakukan, agar potensi kerawanan saat hajatan demokrasi pada tahun 2019 dapat ditekan.

 

“Kami sangat berharap, bila teman-teman menemukan masalah tentang Pemilu nanti dapat menyampaikan kepada kami, agar kami tindaklanjuti,”harap Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten SBT, Suparjo Rustam Rumakar.

 

Untuk diketahui, selain wartawan yang merupakan unsur media masa, Bawaslu juga bekerjasama dengan Pihak Polres SBT dan KPUD dalam rangka pemetaan indeks kerawanan Pemilu.(GR)