Warga Jembatan Basah Ikut Sosialisasi Saber Pungli 

Warga Jembatan Basah Ikut Sosialisasi Saber Pungli 

BULA, hunimuanews.com-Warga negeri administratif Jembatan Basah kecamatan Bula Barat kabupaten Seram Bagian Timur, Kamis (27/9) mengikuti sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).  

 

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi yang digelar di negeri Adminitsrtaif Jembatan Basah tersebut adalah Kapolsek Bula Barat, Ipda. Karni.

 

Saat menyampaikan paparannya, Ipda. Sukarni mengatakan Pungli telah merajalela di berbagai bidang,

 

Sehingga, ia mengingatkan warga Jembatan Basah, agar lebih cermat untuk mengetahui berbagai aturan mengenai biaya- dalam memgursu keperluan tertentu di instansi pemerintah.

 

“Yang dimaksud pungutan liar adalah pungutan di luar aturan yang sah. Jadi, perangkat desa pelu saya ingatkan, contoh ada masyarakat mengurus Kartu Keluarga. Aturanya tidak ada biaya diministrasi tapi desa mewajibkan bayar, nah itu yang dinamakan pungli,”katanya.

 

 

Ipda. Karni menegaskan, jika ada oknum aparatur pemerintah yang meminta biaya dalam pengurusan surat-surat tertentu padahal tidak diatur dalam aturan, sebaiknya dilporkan kepada pihak berwajib.

 

Hal itu, lanjut Ipda. Karni sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 tahun 2018 tentang Satgas Saber Pungli.(SR)