Hadiri Manasik, Alkatiri : Selamat Menunaikan Ibadah Haji

Hadiri Manasik, Alkatiri : Selamat Menunaikan Ibadah Haji

BULA,Hunimuanews.com-Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Fachri Husni Alkatiri, Senin (9/10).  menghadiri   pembukaan bimbingan manasik haji tahun 1439 H/2018 M bagi para calon jamaah haji di Bula, Alkatiri menyampaikan selamat  kepada para calon Jamaah Haji yang akan melaksanakan ibadah haji.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di  Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten SBT tersebut juga dihadiri oleh kepala Kandepag SBT H.M.Yasir Rumadaul, Asisten 1 Setda SBT  Nurdin Mony, Kapolres SBT AKBP. Saminata, Kabag Kesra SBT Sagaf Kilerey,  Kajari SBT Riyadi, Camat Bula M. Basyar Rumalean,  Imam Masjid Agung Bula M. Siwan – Siwan serta  sejumlah pejabat lain.

 

Saat menyampaikan sambutan, wakil bupati, Fachri Husni Alkatiri berharap, para calon jamaah haji yang mengikuti  manasik untuk serius dalam melaksankan bimbingan dan mendengarkan arahan serta penjelasan yang disampaikan oleh panitia.

 

Pada kesempatan itu, Alkatiri juga mengucapkan selamat kepada para jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

 

“Kita semua yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat akan tetapi harus tertunda keberangkatanya karena berbagai hal,”ungkap Alkatiri.

 

Mantan anggota DPRD provinsi Maluku ini juga berharap, para calon jamaah haji menyiapkan diri secara baik untuk  melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental.

 

“Disamping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna,”ujarnya, sebagaimana dirilis Bagian Humas Pemda SBT, Selasa (10/7).

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten SBT H. M. Yasir Rumadaul saat menyampaikan melaporannya mengungkapkan,  Manasik tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan calon jamaah  haji yang  mandiri.

 

Rumadaul mengatakan, jumlah peserta manasik haji Kabupaten SBT berjumlah 100 orang, terdiri dari 52 laki-laki orang dan 48 perempuan orang.

 

Lebih lanjut Rumadaul megungkapkan, sejak tahun 2008, jumlah warga yang ingin melaksanakan ibadah haji terus mengalami peningkatan, yakni sampai dengan tahun 2018  mencapai 1.354 orang. “Sampai pada saat ini yang sudah berangkat sebanyak 500 orang Jamaah,“ungkapnya.  

 

Rumadaul menyebutkan, berdasarkan surat keputusan gebernur maluku 14 tahun 2018 tertanggal 16 Maret tentang penetapan kouta haji di tahun 2018,  kuota Kabupaten SBT sebanyak 103 calon Jamaah haji  dengan waktu pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH)  sampai dengan 3 April 2018.(MB)