Ketua DPRD Dorong Pengembangan Wisata

Ketua DPRD Dorong Pengembangan Wisata

BULA, Hunimuanews.com-Ketua DPRD Seram Bagian Timur, Agil Rumakat mengatakan, upaya pengembangan sektor wisata di daerah ini perlu ditingakatkan. Pihaknya mendukung penuh upaya tersebut.

 

Rumakat mengatakan, pada tahun 2017 lalu, seluruh masyarakat SBT khususunya di kota Bula disibukan dengan kegiatan Internasional, Tour de Mollvcas (TdM) yang menjadikan kabupaten Seram Bagian Timur sebagai salah satu daerah yang dilewati.

 

“Saat itu, kita diberikan suatu harapan besar bahwa ini adalah suatu momen besar untuk memprosmosi wisata kita,” jelasnya, Senin (30/7).

 

Ia mengatakan, promosi wisata di kabupaten SBT setelah TdM, dengan sejumlah kegiatan, diatanraanya Festival Kataloka serta pengembangan potensi bawah laut di Seram Timur, khsusunya daerah pulau Kefing.

 

“Pengembangan potensi bawah laut di Kefing dan sekitarnya itu dilakukan oleh LIPPI provinsi Maluku dan itu sudah diekspos,’katanya,

 

Kemudia, lanjutnya pihaknya juga mendukung upaya Pemda membangun komunikasi lewat program pesona Nusantara di pemerintah pusat, guna mengekspos potensi wisata di daerah ini, diantaranya di pulu Koon dan pulau Kefing.

 

“Berbicara pariwisata, daerah juga perlu menyediakan infrastruktur pendukung, katakanlah sekelas Homestay, serta perhotelan itu masih terbatas,”ungkapnya.

 

Selain infrastruktur, langkah lain yang perlu dilakuan adalah menyiapkan masyarakat untuk menerima wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri

 

“Dengan semangat Pemda membangun wisata bahari dan wisata budaya, dapat memajukan daerah ini di sektor pariwisata,”ujarnya (GR)