Wabah Corona, Omzet Pedagang di Pelabuhan Sesar SBT Merosot

Wabah Corona, Omzet Pedagang di Pelabuhan Sesar SBT Merosot

BULA, hunimuanews.com-Pendapatan sejumlah pedagang di area pelabuhan Sesar Bula, kabupaten Seram Bagian Timur merosot jauh menyusul wabah Covid-19. Turunnya pendapatan ini hingga mencapai 90 persen, bahkan sebagian pedagang menutup tempat usaha mereka.

 

Pantauan hunimuanews.com di Pelabuhan Sesar pada, Kamis (9/4/2020) sejumlah kios pedagang tampak sepi walaupun ada dua kapal penumpang yang baru tiba.

 

"Sebelumnya, kalau ada kapal masuk, satu hari saja bisa dapat satu juta rupiah. Tapi, adanya virus Corona ini mau dapat seratus ribu saja susah,"ungkap salah satu pedagang di Pelabuhan Sesar, Maha Siboto.

 

Kondisi tersebut, lanjut Maha Siboto karena jumlah penumpang yang baru tiba maupun yang akan berangkat berkurang. 

 

Sebagaiman diketahui, sejak mewabahnya Covid-19, berbagai aktivitas pun tidak berjalan lancar seperti kondisi normal, termasuk arus transportasi laut. Warga pun belum bisa leluasa  berangkat seperti biasanya. 

 

"Sekarang ini yang lancar hanya kopi, air (Mineral), tapi kalau nasi ikan sangat jarang. Itu pun lebih banyak buruh (TKBM-red) yang minum kopi dan makan di sini,"ungkapnya. 

 

Bahkan, kondisi ini membuat sejumlah pedagang di sekitar lokasi itu memilih untuk menutup tempat usaha mereka sejak tiga pekan lalu. 

 

"Biasanya kita di sini ramai karena semua masih jualan. Tapi sekarang sangat sepi. Memang ada yang datang waktu kapal masuk, tapi jarang sekali,"ungkap Siboto.

 

Maha Sibotu berharap, kondisi ini mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur. (HN-03)