Usai HUT TNI Ke-74, Kodim Persiapan SBT Gelar Pembersihan

Usai HUT TNI Ke-74, Kodim Persiapan SBT Gelar Pembersihan

BULA, hunimuanews.com-Usai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT), Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 74. Kodim Persiapan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kembali menggelar kegiatan pembersihan di Kota Bula pada, Sabtu (05/10/19)

 

Kapten Infantri  Riyanto Mengatakan, kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang 34 Tahun 2004. Karena  menurutnya, pemisahan tugas pokok TNI melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

 

Dirinya menjelaskan, OMP yang dimaksud, segala bentuk pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk melawan kekuatan militer Negara lain yang melakukan agresi terhadap Indonesia, atau dalam konflik bersenjata dengan suatu Negara lain. Atau lebih yang didahului dengan adanya pernyataan perang dan tunduk pada hukum perang internasional.

 

"Sementara yang kita kerjakan ini adalah OMSP yakni, melakukan kegiatan-kegiatan militer untuk perang menjaga keutuhan, kedaulatan Negara, dan menjaga keselamatan bangsa Indonesia. Sebab, Kota Bula juga bagian dari NKRI" tutur Riyanto, saat diwawancarai awak media di depan Pandopo Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas Sabtu, 05/10/19.

 

Hal senada disampaikan Kopral Rohim Eldor, yang juga ajudan Komandan Satgas itu mengatakan, kegiatan kebersihan yang dilakukan sebagai rasa kecintaan untuk Negeri. "Saya sebagai anak negeri merah bangga, kalau Kota Bula ini bersih" ucap Rohim, yang juga Personil Kodim asal SBT.

 

Rohim menambahkan, kegiatan kebersihan sebagai bentuk dari menjaga keutuhan Kabupaten SBT. "Dan itu juga sesuai dengan perintah Undang-undang" ucap Rohim, dilokasi kegiatan. Lanjut Rohim, Kegiatan yang dilakukan, sudah disampaikan kepada Bupati Dan Sekretaris Daerah SBT Syarif Makmur.

 

"Bukan juga karena HUT TNI lalu kami melakukan kerja ini. Tepi kegiatan ini sudah manjadi program kami. Bahwa, Bula bersih disiang hari dan terang dimalam  hari" tutup Rohim.

 

Selain itu, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten SBT A. I. Amahoru sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kodim Persiapan SBT. "Walaupun baru  menjelang empat bulan bertugas, Kota Bula sangat terlihat bersih dengan kegiatan Kodim" ucap Amahoro, didampingi Infantri Herry di depan Pandopi Bupati.

 

Amahoru menilai, kegiatan Kodim SBT sangat memberikan ruang positif kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Sebagai mana permintaan Bupati dan Sekretaris Daerah.  "Bahwa SBT diusahak mendapat Adipura pertama di tahun 2020. Ujar Amahoru. (HN-Opan)