Tenaga Medis Ajak Masyarakat Birit Hidup Bersih & Sehat

Tenaga Medis Ajak Masyarakat Birit Hidup Bersih & Sehat

BULA, hunimuanews.com- Bahrum Rumadaul tenaga medis pada salah satu (Puskesmas) di kecamatan Siritaun Wida Timur Desa Nama negeri Kian Laut, yang juga membidangi bagian Promosi Kesehatan Masyarakat (PKM), dirinya mengajak masyarakat sekecamatan itu agar berperilaku hidup bersih dan sehat terutama masyarakat Dusun Birit.

 

Hal itu diungkapkan tepat pada peresmian (Klinik Mobile 24 Sehat & Cerdas) Oleh Wakapolres SBT Kompol La Udin Taher di Dusun Birit Desa Kwaus Kecamatan Sirittaun Wida Timur Kabupaten SBT, Senin (28/12/2020).

 

Bahrum yang juga pada kesempatan itu ditunjuk sebagai pemateri untuk menyampaikan beberapa indikator penting tentang berperilaku hidup bersih dan sehat terhadap masyarakat setempat agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

 

Dalam penjelasanya Bahrum menyampaikan ada beberapa hal penting yang ia paparkan disela sela kegiatan dimaksud, Bahrum menegaskan terkait dengan kondisi kesehatan dan keselamatan masyarakat dirinya dan teman teman medis akan terus berupaya semaksimal mungkin melalui jalur komunikasi yang dibangun secara efektif.

 

"Untuk itu beta mau sampaikan kepada seluruh warga yang hadir ini, mari ktong komunikasi secara baik, ini didepan suda tertera nomor hp dari ibu ibu bidan, suster dan perawat lainya silahkan bapa dan ibu ibu dong bisa catat simpan, lalu sewaktu wktu terjadi kendala kesehatan dan lain sebagainya, cepat dihubungi untuk mendapatkan pertolongan'". Ungkap Bahrum.

 

Bahrum yang juga salah satu anggota relawan Klinik Mobile Sehat Cerdas itu juga mengingatkan masyarakat Dusun Birit akan sebuah peristiwa beberapa Minggu lalu yang menimpa salah satu warganya yang secara terpaksa harus di rujuk ke RSUD Bula, akibat mengalami kendala dalam proses persalinan.

 

" Beberapa waktu lalu ada ibu ibu yang susah melahirkan, namun karna kami di Puskesmas nama masih terdapat banyak kekurangan dalam hal pelayanan yang sifatnya emergency, maka secepatnya kami rujuk ke Bula, agar mendapatkan pelayanan yang baik disana'". Tegas Rumadaul.

 

Perawat muda ini terus membeberkan secara jelas, langkah langkah strategis yang diambil demi kesehatan dan keselamatan masyarakat untuk menangani pasien tersebut, terhitung dari proses  administrasi data, berupa pembuatan KTP, KK BPJS dan seterusnya dengan harapan kelancaran masalah yang dialami.

 

Diakhir penyampaianya ia mengingatkan secara tegas kepada seluruh warga masyarakat Dusun Birit tentang betapa pentingnya hidup bersih dan sehat, terutama dalam kondisi pandemi Covid 19.

 

"Corona ini kita dianjurkan pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya. Kesehatan itu mahal untuk itu mari kita jaga dan rawat bersama". Tutup Bahrum. (HN-AMR)