Sosialisasi PHBS & Kebijakan Penduduk, TP PKK SBT Bagikan Sembako

Sosialisasi PHBS & Kebijakan Penduduk, TP PKK SBT Bagikan Sembako
Sosialisasi PHBS & Kebijakan Penduduk, TP PKK SBT Bagikan Sembako

KIANDARAT, hunimuanews.com -Penyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan sosialisasi Kebijakan Kependudukan, dengan sasaran utamanya Pengurus Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu dilingkungan Kecamatan Kiandarat.


Kegiatan tersebut, adalah kerjasama Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dengan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten SBT


Kegiatan Sosialisasi PHBS dan Kebijakan Kependudukan ini dilaksanakan di Aula SD Inpres Kiliga, Kecamatan Kiandarat, Rabu (20/4/2020). diikuti oleh pengurus Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu dilingkungan Kecamatan Kiandarat.


Dalam sosialisasi tersebut turut juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten SBT Ny. Yulia Misa Keliobas dan pengurus, Perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten SBT, Camat Kecamatan Kiandarat Bahrum Weul Artafella, Ketua dan Pengurus TP PKK Kecamatan Kiandarat, Perwakilan Posyandu serta undangan lainya.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT Ny. Yulia Misa Keliobas dalam sambutannya menyampaikan, Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat serta memberikan arahan kepada peserta yang nantinya dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat pada kesempatan kegiatan posyandu maupun rapat-rapat di tingkat desa tentang pola hidup bersih dan sehat.


Dikatakanya, kegiatan silaturrahmi sekaligus pembinaan program PKK bidang kesehatan dan kependudukan yang dilaksanakan merupakan bagian dari pada program TP PKK Kabupaten SBT dalam berperilaku hidup bersih dan sehat guna berperan melawan pencegahan COVID-19 yang menjadi perhatian serius pemerintah saat ini. 


“Kita mudah lakukan pencegahan salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, karena virus itu bisa mati kalau terkena sabun,” ujarnya di hadapan para peserta yang didominasi kaum ibu-ibu ini.


Ditambahkanya, Mengingat keluarga merupakan investasi bangsa yang  harus dijaga dan dipelihara kesehatannnya  maka kepada masyarakat diharapkan untuk senantiasa menjaga kesehatnnya salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan dilngkungan rumah dan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya serta sadar akan gizi  yang baik sehingga  anak dan keluarga tumbuh sehat.


Usai melakukan sosialisasi Tim Penggerak PKK SBT melakukan aksi peduli dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan membagikan sembako kepada kader TP PKK Kecamatan dan Desa di Kiandarat serta memberikan bantuan sajadah dan sembako untuk kasisi mesjid yang ada di Kecamatan Kiandarat. 


Selain itu, pengurus TP-PKK SBT juga membagikan masker gratis kepada masyarakat setempat dan sabun untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari Virus Corona kepada kader Tim Penggerak PKK Kecamatan Kiandarat serta kader di Desa-desa dan kader Posyandu serta memberikan bantuan untuk Anak-anak Penderita Stunting Kecamatan setempat. 


Untuk diketahui, Misa Keliobas yang juga Nina Parenting Kabupaten SBT ini juga membagikan titipan hijab dari Ibu Duta Parenting Maluku Ny. Widya Murad Ismail yang diberikan kepada kader Tim Penggerak PKK di kecamatan setempat.


Lebih lanjut, dikatakan Misa Keliobas dengan ada bantuan sembako ini, diharapkan dapat membantu kebutuhan mereka dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.


“Kami harapkan, bantuan ini bisa meringankan mereka yang sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan serta bekerja sama untuk mensosialisasikan himbauan pemerintah terkait Covid-19," ujar Misa Keliobas. 


Lanjutnya, Jika ada salah mohon di maafkan sebelum kita memasuki bulan yang suci ini," pungkas Misa Keliobas. 


Misa Keliobas yang juga isteri Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas ini juga berterima kasih kepada semua tim yang telah bekerjasama dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan melakukan pengecekan kepada setiap penumpang yang melewati jalur laut maupun darat yang ada di Kabupaten SBT. 


Ketua Bunda Paud Kabupaten SBT ini juga berharap agar pandemi Covid-19 ini agar segera berlalu, sehingga semua masyarakat termasuk aktivitas belajar mengajar di sekolah yang sudah lama diliburkan bisa normal kembali lagi seperti biasa.


Untuk itu, Misa Keliobas mengimbau kepada masyarakat SBT agar tetap mematuhi himbauan Pemerintah terkait Covid-19 ini, yaitu menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing), selalu mencuci tangan dengan sabun, hindari berkumpul di tempat ramai dan selalu memakai masker ketika beraktivitas saat keluar rumah.(HN-AL**)