Soal Pilkades, Komisi A Akan Undang Pemda

Soal Pilkades, Komisi A   Akan Undang Pemda

BULA, hunimuanews - Ketua Komisi A DPRD Seram Bagian Timur, Umar Gassam berharap, pemerintah di daerah segera melaksanakan pemilihan kepala desa serentak. Sehingga, roda pemerintahan dan pembangunan di tingkat desa dapat berjalan lebih baik.

 

Gassam mengatakan, DPRD dan pemerintah daerah telah menyepati peraturan daerah  pada tahun 2017 tentang tata cara pemiluan kepala pemerintahan negeri dan negeri administratif.

 

Hal itu, lanjut Umar Gassam merupakan salah satu dasar penting bagi pemerintah daerah untuk melaksanakan pemilihan kepala desa.

 

“Sehingga, pemerintah daerah harus menindaklanjuti apa yang menjadi semangat kita bersama itu,” kata Gassam kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/7).

 

Karena itu, sebagai pimpinan komsi A yang membindangi pemerintahan secara umum, Umar Gassam berharap rencana pemilihan kepala desa tersebut secepatnya dilaksanakan.

 

“Semangat  kita adalah, kita ingin ada pembanahan struktur kelembagaan pada tingkat desa berjaan sesui harapan kita bersama.

 

Selain penataan kelembagaan desa, pentingnya pemilihan kepala desa juga untuk menata  sistem pengelolaan keuangan desa lebih maksimal serta berdasarkan  azas transpransi dan akuntabilitas.

 

“Sehingga, tidak ada kata lain, tidak ada alasan lagi untuk menunda (pemilihan kepala desa-red) lagi,”harapnya.

 

Menyoal agenda Komsi A guna menyikapi rencana pemilihan kepala desa, Gassam mengatakan, pihaknya akan mengundang pemerintah daerah, guna membahas pelaksanaan Pilkades sesuai yang direncanakan.(GR)