Soal Kuota Haji, DPRD Sambangi Kanwil Kemenag Maluku 

Soal Kuota Haji, DPRD Sambangi Kanwil Kemenag Maluku 

BULA, hunimuanews. com-Kuota haji bagi kabupaten Seram Bagian Timur perlu ditambah, yakni sesuai jumlah penduduk Muslim di daerah ini. 

 

Hal tersebut menjadi salah satu poin tujuan Komisi gabungan, yakni komisi B dan komisi C DPRD kabupaten Seram Bagian Timur saat bertemu pimpinan Kantor Kementerian Agama wilayah Maluku, Jumat (12/10).

 

Ketua komisi C, Arobi Kelian kepada hunimuanews.com mengatakan, sesuai penambahan Kuota haji berdasarkan rumus kuota haji  maka kuota haji untuk Kabupaten SBT masih kurang."Karena kalau 1 per seribu maka jelas kuota kita di SBT belum mencukupi karena jumlah penduduk muslim di Kab. SBT per tahun 2017 sudah di atas 125 ribu jiwa,”ungkap Kelian.

 

Karena itu, kuota haji k untuk kabupaten SBT minimal 125 orang bukan 100 orang.“Ini yang membuat kita harus bertemu Kanwil Agama Maluku, minta dirasionalkan kuota haji kita,”tandasnya.

 

Sehingga, lanjut Kelian antrian calon jamaah haji di kabupaten SBT dapat dipangkas.

 

Dikatakan, pada tahun 2016, pihaknya telah mendatangi Kanwil Agama Maluku terkait hal yang sama dan telah direspon, tapi belum sesuai dengan  rumus yang telah ditentukan.

 

“Namaun lewat kesempatan ini kami juga mengapresiasi respons Kanwil Agama soal permintaan dari kami ini dan di tanggapi serius oleh Kepala TU Kanwil Agama Maluku. Beliau berjanji melaporkan kepada pa Kepala Kanwil dan diupayakan untuk SBT harus ada penambahan sesuai dengan rumus 1 per seribu,”pungkasnya. (GR)