Semarakkan Hari Sumpah Pemuda, SMA 4 SBT Gelar Karnaval

Semarakkan Hari Sumpah Pemuda, SMA 4 SBT Gelar Karnaval

BULA, hunimuanews.com-Para guru dan siswa SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur di Kataloka kecamatan Pulau Gorom, menyemarakkan hari sumpah pemuda tahun ini dengan sejumlah kegiatan, diantaranya Barnaval Busana Adat dan Pidato.

 

Sebelum menggelar Karnaval dan Pidato, para guru dan siswa pada SMA 4 menggear upacara pengibaran Bendera Merah Putih di lapangan upacara sekolah tersebut pada, Rabu (28/10/2020) pagi. 

 

Barisan peserta Karnval dilepas secararesmi oleh Kapolsek Pulau Gorom, Ipda. Mothahar Soulissa,  kemudian berjalan beriiringan di desa Kataloka. 

 

Saat mengikuti Karnaval, para siswa bagi dalam beberap kelompk sesuai jenis busana yang dikenakan, yakni barisan busana adat yang mengenakan busana adat sejumlah daerah, diantaranya Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan busana adat sejumlah provinsi lain di Indonesia. 

 

Selain itu, sebagian siswa lainnya mengenakan seragam dinas TNI, Polri, Pilot, Perawat, Guru, hingga pakaian ala petani dan nelayan. 

 

Penampilan dengan ragam busana tersebut merupakan bagian dari wujud merefleksi nila-nilai Sumpah Pemuda yang diprakarsai para pemuda terdahulu, terutama nila serta semangat persatuan pemuda dari berbagai daerah.  Walupun berbeda daerah, suku dan busaya, tapi tetap satu, yaitu bangsa Indonesia. 

 

Disela melakuka Karnaval, para siswa berhentik beberapa saat di area tugu Peringata Pemuda/i desa Kataloka. 

 

Di tugu tersebut, salah satu siswa, yakni Akmal Rumbouw  menyampaikan pidato tentang makna Sumpah Pemuda. 

 

“Pemuda adalah harapan bangsa, pemuda adalah pewaris kemerdakaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ungkap Akmal Rumbowu di hadapan peserta Karnaval serta disakiskan oleh warga setempat. 

 

Akmal pun mengajak kepada teman-temannya untuk bersama-sama terus mengobarkan semangat Sumpah Pemuda. (HN-AL)