Sejumlah Desa di Kecamatan SWT-SBT Ikuti Vaksinasi

Sejumlah Desa di Kecamatan SWT-SBT Ikuti Vaksinasi

BULA, hunimuanews.com-Tenaga Kesehatan (Nakes) pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nama, terus melaksanakan pemberian vaksinasi dibeberapa Desa di kecamatan Sirittaun Wida Timur (SWT) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Jumlah Desa yang terlibat mengikuti pelaksanaan vaksinasi itu diantaranya Desa Suru, Desa Kwaos, Desa Airnanang, Desa Aruan, Desa Salagur Air, dan Negeri Kian Laut Nama.

 

Seperti diketahui pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai cukup efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung di indonesia. Vaksinasi yang dilaksanakan merupakan anjuran pemerintah kepada seluruh masyarakat untuk menerima pemberian vaksinasi. Dengan begitu, pencegahan infeksi Terhadap penularan Covid-19 atau dikenal dengan virus corona akan jauh lebih kecil.

 

Kepala Puskesmas Nama kecamatan Sirittaun Wida Timur Yaniar.N Wokas kepada media ini via selulernya Selasa, (29/21) mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk melaksanakan pemberian vaksinasi kepada semua pihak termasuk kepada warga masyarakat di wilayah kecamatan Sirittaun Wida Timur (SWT). Hal itu dilaksanakan dengan cara mensosialisasikan dampak pencegahan Covid-19 ditengah kehidupan masyarakat setempat.    

 

"Ini kami lakukan dengan cara sosialisasi lebih awal kepada masyarakat tentang pencegahan penuluran virus corona. Kami juga berharap pemberian vaksinasi ini dapat tersentuh kepada semua elemen masyarakat," kata Wokas

 

Ia menjelaskan sejak Sabtu 26 juni lalu pihaknya menerima sejumlah sepuluh vial vaksin dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Distrubusi vaksin tersebut peruntukan untuk siap digunakan di beberapa desa di kecamatan Sirittaun Wida Timur.

 

"Dari sepuluh vial Vaksin itu, masing masing desa divaksinasi Lima vial, Desa Airnanang 50 orang, sementara Desa Aruan, Nama dan Salagur Air berjumlah 50 orang jadi total 100 orang," tulis Wokas dalam pesan whatsapnya

 

Sementara pada tanggal 29 Juni dini hari, dilanjutkan dengan pemberian vaksinasi di dua Desa, diantaranya Desa Administratif Suru dan Desa Kwaos. Dikatakan penyedian Vial Vaksin yang disediakan Puskesmas setempat berjumlah sebelas vial Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

 

"Desa Kwaos itu 32 orang yang divaksin, sementara Desa Suru 83 orang," diperkirakan kurang lebih 117 yang orang jalani vaksinasi hari ini," jelasnya

 

Selain itu, Wokas mengaku pihaknya tidak bisa menerima distribusi vial vaksin lebih dari Dinas setempat, hal itu dikarenakan Puskesmas setempat belum memiliki chol chain atau kotak pendingin yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan vaksin. Ditambahkan Wokas, beberapa desa di kecamatan tersebut yang belum mengkuti vaksianasi akan di jadwalkan pada tahap selanjutnya.

 

Diketahui selain kepada masyarakat, sasaran pemberian vaksinasi itu terlebih dahulu diberikan kepada penjabat dan perangkat desa maupun stacholder yang bertugas sebagai pelaku pelayanan publik. (HN-MR)