SDM Aparatur Desa Se-Kecamatan Bula Barat Terus Ditingkatkan

SDM Aparatur Desa Se-Kecamatan Bula Barat Terus Ditingkatkan

Bula SBT, hunimuanews - Kualitas sumber daya manusia aparatur desa di kecamatan Bula Barat  terus ditingkatkan. Upaya ini antara lain  dilakukan melalui pelatihan peningkatan kapasitas apartur desa.

Pelatihan peningkatan kualitas aparatur desa yang dilaksanakan Guna memaksimalkan penyelenggaraan roda pemerintahan desa  serta pengelolaan dana desa dan Alokasi Dana Desa, di kantor camat Bula Barat  pada, Rabu (24/1)

Para aparatur desa dari sejumlah  Negeri Administratif di kecamatan Bula Barat  yang mengikuti yakni,  negeri Administratif Silohan, Negeri Administratif Sumber Agung,   Negeri Administratif  Jakarta Baru, Negeri Administratif Banggoi Pancorang, dan aparatur Negeri Administratif  Aki Jaya.

Hadir sebagai narasumber, Sekreataris Badan Pemberdayaan Masyarakat pemerintahan Desa kabupaten Seram Bagian Timur, M. Hatala dan sejumlah pejabat terkait.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut diantaranya,  tentang tugas pokok dan fungsi setiap aparatur pmerintah desa dan dasar hukum  serta mekanisme pengelolaan dana desa,

Kepala wilayah kecamatan Bula Barat, Ridwan Rumonin mengatakan, masalah terkait pemerintahn desa  saat ini semakin kompleks. Sehingga, perlu pemahaman yang lebih baik tentang tgas dan tanggung jawab sebagai aaratur pemerintah desa.

Apalagi, lanjut Rumonin, pemerintah desa saat ini juga  diperhadapkan dengan pengelolaan dana desa dana alokasi dana desa yang  membutuhkan suatu tekad yang serius  dari semua pihak, terutama pemerintah desa.

“Oleh karena itu, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa ini, menurut saya sangat tepat guna menjawab semua problem tata kelola pemerintahan desa, termasuk pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa,”ungkapnya saat membuka pelatihan tersebut.

Karena itu, para  aparatur pemerintah desa diharapkan  dapat menindaklanjuti hasil pelatihan itu dalam penyelenggraan pemerintahan desa serta pengelolaaan dana desa dan alokasi dana desa. Ungkapnya. (HN - MB)