SBT Resmi Produksi Beras Sendiri

SBT Resmi Produksi Beras Sendiri

Bula,hunimuanews.com – Kabupaten Seram Bagian Timur akhirnya memproduksi beras sendiri. Beras hasil produksi yang diberi nama Beras Gumumae',  Cap Pala ini dikemas dalam karung ukuran 10 Kilogram.

 

Beras tersebut dilaunching oleh wakil bupati Seram Bagian Timur, Fachri Husni Alkatiri pada, Minggu (10/2) di desa Waketam Baru kecamatan Bula Barat.

 

Selain Alkatiri, hadir juga Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal dan Terluar (PDTU) Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal RI, Hasrul Edyar, kepala sub direktorat penanganan daerah rawan pangan Sauilyan, kepala sub Direktorat Sugeng Triyati, Kejari SBT Riyadi, sejumlah pejabat pemerintah provisni Maluku, Kepala Dinas Pertanian kabupaten SBT Gazali Rahman Salampessy, Kepala Dinas Kertahanan Pangan Mirna Derlean serta sejumlah pimpinan OPD lainnya, pimpinan OKP, Kelompok Tani dan warga.

 

“Launching pemasaran Beras Gumumae hari ini, diharapkan menjadi momen pemicu semangat para petani dan juga pemangku kepentingan disetiap tingkatan,kata  Wakil bupati SBT, Fachri Husni Alkatiri.

 

Alkatiri mengatakan, untuk mencapai sasaran pembangunan, tentu perlu  adanya partisipasi dari semua pihak. Sehingga, sinergi program dan kegiatan melalui dana desa harus dapat menopang perkembangan produksi dan pemasarannya.

 

Karena itu, Launching Beras Gumuame merupakan bagian dari rangkaian pengembangan sistem usaha agribisnis, bukan pembangunan secara parsial yang hanya untuk pengembangan suatu komoditas.

 

Alkatiri berharap, launching beras Gumumae dipahami sebagai suatu proses pembangunan kewilayahan yang berkelanjutan, ditujukan untuk meningkatkan pendapatan dan kehidupan ekonomi masyarakat dalam wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur secara utuh.

 

“Jika selama ini kita membeli beras dari kabupaten tetangga, maka besok kita yang akan menjual beras Gumumae pada kabupaten lain di Provinsi Maluku,”ungkap Alkatiri.

 

Selain melaunching beras Gumuame, Alkatiri juga memanen padi bersama para pejabat yang hadir serta meresmikan sejumlah sarana pendukung produksi Beras Gumuame.(SR)