Lautan Manusia, Berjubel Jemput Jamaah Haji di Gorom

Lautan Manusia, Berjubel Jemput Jamaah Haji di Gorom

GOROM, Hunimuanews.com-Kamis (13/9) ratusan warga sejumlah kecamatan berkumpul di desa Ondor kecamatan Pulau Gorom kabupaten Seram Bagian Timur untuk menjemput Jamaah Haji. Warga terlihat berjubel memadati pelabuhan Namalua Ondor.

 

Jamaah Haji asal sejumlah kecamatan diantaranya kecamatan Pulau Gorom dan kecamatan Gorom Timur tersebut tiba dengan kapal dari kota Bula.

 

Dengan suka cita, warga berdesakkan mendekati pintu kapal untuk menyambut para tamu Allah SWT yang baru kembali dari tanah suci tersebut.

 

Dari pelabuhan, warga kemudian mengantar Jamaah Haji ke Masjid Ondor. Jamaah Haji kemudian melaksanakan sholat Sunat.

 

Pantauan di lapangan, penjemputan jamaah haji tersebut disemarakkan dengan tifa Sawat, tifa Hadrat serta alunan Shalawat.

 

Setelah melaksanakan sholat Sunat, Jamaah Haji kemudian diantar oleh keluarga mereka ke kampung masing-masing.

 

Selain menggunakan kendaraan darat berupa mobil dan sepeda motor, ada diantara warga yang menjemput Jamaah Haji menggunakan perahu Belang.

 

“Sebelumnya kami melepaskan 14 orang Jamaah. Tapi saat kembali hanya 13 orang Jamaah, karena satu orang diantarany,  Abdullah Rumbawa meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji, ”ungkap salah satu tokoh masyarakat setempat, Husein Rumalessin.(MB)