Satu PDP Jalani Perawatan di RSUD Kota Bula SBT

Satu PDP Jalani Perawatan di RSUD Kota Bula SBT
Satu PDP Jalani Perawatan di RSUD Kota Bula SBT

BULA, hunimuanews.com - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP), berjenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Bula Barat, saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bula. Pernyataan ini  disampaikan Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda SBT. A. I. T Wokanubun dalam konferensi pers di ruang Media Center yang bertempat Aula Pandopo Bupati pada Senin, (27/04/2020)

 

Asisten Satu Sekda SBT itu menjelaskan hasil tersebut, sesuai laporan dari Kepala Dinas Kesehatan SBT M. Abas Rumatamerik dan Direktur RSUD Bula Linggar S. Yang menyampaikan di Kabupaten SBT telah ada penambahan satu orang PDP. "Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah SBT hari ini kami mau sampaikan, di Kabupaten SBT ada 1 PDP" tutur Wokanubun.

 

Selain itu Direktur RSUD Bula Linggar S mengatakan, saat ini pihaknya merawat satu PDP asal Kecamatan Bula Barat, di ruang isolasi RSUD Bula sejak Sabtu,25/04 malam. Linggar menjelaskan, dari hasil pemeriksaan Leb dan Rontgen ditemukan tanda penemoni atau radang di paru-paru, serta memiliki riwayat hipertensi. "Sehingga yang bersangkutan dilakukan perawatan di ruang isolasi dengan standar untuk pasien Covid-19" ucap Linggar dalam konferensi pers tersebut.

 

Namun menurut Linggar, pihak pihaknya belum bisa menentukan pasien tersebut pesitif Corona atau tidak. Karena masih menunggu pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan ini akan dilakukan di Provinsi Maluku. "Jadi penetapan satu PDP ini sekarang posisinya sedang kita isolasi dan Observasi" ucap Linggar.

 

Untuk lanjut Linggar, saat ini pihaknya belum bisa melakukan proses tracking. Karena menurut Linggar, syarat untuk melakukan tracking adalah bahwa pasien tersebut dinyatakan positif covid-19. Maka diketahui, satu PDP usia 51 tahun ini berasal dari Kecamatan Bula Barat. Sempat melakukan perjalanan dari Bali. "Dan Pasien juga mengeluhkan mual, muntah, lemas dan merasa lelah" kata Linggar.

 

Untuk diketahui, hadir dalam konferensi pers tersebut Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda SBT. A. I. T Wokanubun, Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo) M. Saleh Kilwarani, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Usman Keliobas, Kepala Dinas Kesehatan M. Abas Rumatamerik, Direktur RSUD Bula Linggar S, dan Camat Bula Hadi Rumbalifar. (HN-OPAN)