Safari Ramadhan, KNPI SBT Berbagi Bersama Warga

Safari Ramadhan, KNPI SBT Berbagi Bersama Warga

BULA, hunimuanews.com - Dampak Penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19  mulai terasa. Pemberlakuan Physical Distancing dan Stay at Home menjadi alasan utama masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan hidup mereka setiap hari, terutama di bulan suci Ramadhan.

 

Untuk meringankan kebutuhan masyarakat yang sangat terdampak oleh Virus yang dikenal dengan nama SarS-CoV-2 ini, maka Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Seram Bagian Timur, lewat agenda tahunan "Safari Ramadhan",  sehingga mereka (KNPI, red) dapat berbagi bersama masyarakat. 

 

Ketua KNPI Seram Bagian Timur (SBT), Rusdy Rumata mengatakan agenda Safari Ramadhan tersebut, dibingkai dengan memberikan bantuan berupa beras dan paket takjil kepada warga yang memang berhak untuk menerimanya.

 

Dirinya menyebutkan,  telah membagikan lebih dari 1 Ton beras dan ratusan paket takjil disejumlah Desa di Kecamatan Bula,  Kian Darat, Tutuk Tolu,  Siritaun Wida Timur  dan Kecamatan Teluk Waru. 

 

Penyaluran bantuan beras dan takjil tersebut ucap Pria yang sering disapa Uchy ini, diprioritaskan bagi para Lansia, Janda, serta sejumlah warga yang kondisi ekonominya sangat memprihatinkan. "Kami juga memberikan santunan kepada anak yatim", ungkapnya 

 

Terkait dampak pademi Covid-19 ini, Rumata menyarankan kepada Tim Satgas SBT,  untuk berkoordinasi dengan Pemerintah daerah lewat dinas terkait  agar selalu menjaga stabilitas harga sembako. 

 

"Karena ditengah pademi covid ini,  ada pengusaha-pengusaha kecil yang nakal menaikan harga barang, dan  jangan sampai ada penimbunan sembako", Jelas Rumata

 

Dia mengungkapkan,  apabila hal tersebut tidak diantisipasi dengan cepat, maka dihawatirkan akan menyebabkan krisis pangan di kabupaten Seram Bagian Timur, mengingat masa tanggap penyebaran Covid-19 ini belum juga berakhir

 

"Pemerintah daerah harus memikirkan itu, kira-kira kedepan kalau kita kehabisan stok bahan pangan apa yang menjadi solusi, dan stabilitas harga sembako juga harus dijaga agar tidak mencemaskan dan membebani masyarakat", harapnya

 

Selan itu, Rumata mengungkapkan sembako atau takjil yang dibagikan itu, merupakan bentuk dari kepedulian pemuda kepada masyarakat. Dirinya berharap KNPI SBT dapat menjadi contoh bagi siapapun yang memiliki kelebihan. "Jika ingin bersedekah kepada masyarakat, ini waktunya", Tutup Rumata. (HN-03)