Rumatumia, Optimis Kembangkan Penguatan Karakter Siswa SMP Tutuk Tolu

Rumatumia, Optimis Kembangkan Penguatan Karakter Siswa SMP Tutuk Tolu
Bula, Hunimuanews.com - SMP Negeri 1 Tutuk Tolu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dalam  menjawab program penguatan pendidikan karakter oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melakukan terobosan baru . Yakni Program Malam jum'at mengaji dan  program akhir pekan sehat secara rutin.

Program yang di gelar dalam rangka mendalami karakter dan membina mental siswa agar terus mandiri tersebut, sangat antusias dan di dukung penuh oleh masyarakat.

Jafar Rumodar salah Tokoh  Masyarakat Kecamatan Tutuk Tolu saat di tanya mengenai hal tersebut, mengungkapkan Kepala sekolah harus memiliki kemampuan menjaring dan mengelola partisipasi guru, tenaga pendidikan dan masyarakat.
Kolaborasi dan partisipasif dari semua pemangku kepentingan pendidikan, maka hal yang di lakukan Rumatumia ini sangat kita dukung guna memberikan karakter yang terbaik kepada anak-anak kita. Kata Rumodar Kepada media ini di Bula (30/09)

Menurut Rumodar, kemampuan kepala sekolah tak ubahnya sebagai manajer yang mampu membangun jejaring semua pihak secara holistik dan terintigrasi.
Ada nilai yang menjadi referensi utama dari pendidikan karakter yang di lakukan Kepsek Rumatumia, diantaranya nilai religius yang dapat meresapi Indonesia sebagai negara yang beragama sehingga anak-anak kita dapat berahlak dan bermoral dan menjunmjung tinggi nilai agama dan adat kita Ucapnya,  

Sementara Kepala SMP  Negeri  1 Tutuk tolu  M Taib Rumatumia, saat di temui pekan ini bahwa dirinya memiliki mimpi besar untuk membawa sekolah ini dalam suatu perubahan yang lebih kompetetif, terutama membangun landasan siswa menjadi manusia yang berkarakter.
Jadi, benar apa yang dikatakan masyarakat mengenai hal tersebut, ini saya lakukan demi karakter anak didik saya yang manfaatnya juga kembali kepada kita semua selaku pengabdi negeri. Jelas Rumatumia,

Begitulah keterbukaan  Rumatumia yang baru dilantik  sebagai kepala sekolah belum lama ini, Menurutnya, Kenapa sampai Program  Malam Jum’at  Bersih dan Akhir Pekan Sehat harus dituntaskan.
Karena sejak saya berada disekolah ini pekerjaan yang paling utama  adalah mendalami karakter  dan mental siswa. Pungkasnya

Hasil  Pendalaman  ini jelas  Rumatumia, banyak siswa ditemui memiliki karakter kurang percaya diri, malu-malu dan banyak  diam.  Rasa tidak percaya diri bisa menghambat perkembangan mental anak.
Jadi perasaan ini harus kita antisipasi sedini mungkin pada diri siswa agar mereka bisa berkembang menjadi pribadi yang maju, mandiri setara dengan siswa-siswa lain yang ada di nusantara. Terangnya

Lelaki yang keseharian dikenal sebagai sosok humoris ini.Dirinya menjelaskan  pembinaan mental dilakukan lewat kegiatan kerohanian berupa pengajian setiap malam juma’t di rumah-rumah  dan di sekolah.  Selain kegiatan kerohanian yang bertujuan membina pribadi dan karakter siswa juga di fokus mengembangkan kondisi kesehatan jasmani siswa lewat olahraga Bola  Voly, Bola Kaki dan olahraga lainnya disetiap hari sabtu.
Karena proses belajar mengajar hanya dijadwalkan sampai pada hari jumat, hari sabtu akan diisi dengan kegiatan-kegiatan pembinaan kesehatan, olahraga dan mental. Ungkapnya

Rumatumia juga menambahkan, sebagai ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan di sekolah adalah proses belajar mengajar apabila semua proses tersebut berjalan efektif haruslah ditunjang dengan kondisi kesehatan, karakter dan mental yang siap pula.
Mimpi besar ini apabila ditunjang dengan sarana olahraga yang siap dan tenaga yang handal maka akan kami setarakan sekolah ini dengan sekolah-sekolah yang sudah jauh berkembang  maju di nusantara ini. Pesanya. (HN/BA)