Rekrut Perwasitan di SBT, Sejumlah Peserta Dilibatkan Kursus Wasit C3 & C2

Rekrut Perwasitan di SBT, Sejumlah Peserta Dilibatkan Kursus Wasit C3 & C2

BULA, hunimuanews.com-Sebanyak 25 peserta yang mengikuti rekrutmen perwasitan yang digelar oleh Dikbudpora dan NSP Family di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sejak beberapa hari lalu, hingga saat ini menuai hasil yang cukup memuaskan. 

 

Dari hasil tersebut, sejumlah peserta yang turut mengikuti proses perekrutan perwasitan itu bakal diikutsertakan untuk mengikuti kursus Wasit C3 dan C2 yang diselenggarakan oleh Asprov PSSI Maluku pada Januari 2022 mendatang.

 

Hal ini diungkapkan Direktur Perwasitan Asprov PSSI Maluku Alberto Riupassa saat dirinya berkesempatan hadir dalam acara penutupan Rekrutmen Perwasitan Football dan Futsal yang berlangsung di pantai Gumu Mae Bula, Jum'at (22/10/21).

 

"Ini informasi langsung dari pimpinan, paling cepat januari atau paling lambat Februari akan diadakan kursus wasit C3 dan C2 oleh Asprov PSSI Maluku," ujar Alberto

 

Alberto kepada **HunimuaNews.com** menjelaskan, peserta yang mengikuti rekrutmen perwasitan itu, bakal diupayakan naik ke jenjang yang lebih tinggi dalam seleksi perwasitan oleh Asprov PSSI Maluku nantinya.

 

"Dari hasil evaluasi, ada beberapa rekan-rekan yang pantas dan dinilai untuk naik ke level yang lebih tinggi," kata Alberto 

 

Dia menandaskan, meski dikelilingi dengan berbagai kendala selama proses perekrutan itu berlangsung, namun melalui pertimbangan pihaknya, sejumlah peserta telah memiliki kemampuan lebih ketika memimpin jalannya satu pertandingan.

 

"Menurut pandangan kami sebenarnya suda ada yang bisa memimpin pertandingan, tapi karna masih terkendala dengan Lesensi, untuk itu kita berharap agar ada jalan dari pemerintah daerah kepada adik-adik kita untuk naik ke level yang lebih tinggi," tandasnya

 

Dirinya berharap kepada seluruh peserta yang telah mengikuti rekrutmen perwasitan itu, agar dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya kepada seluruh komponen masyarakat maupun stacholder agar dapat memahami secara utuh tentang edukasi dibidang olahraga.

 

"Yang paling terpenting adalah berikan edukasi terhadap masyarakat, terhadap Club maupun komponen lainnya agar memahami benar, serta terhindar dari kesalahpahaman antara sesama," pintanya

 

Sementara Plt Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak mengapresiasi langkah serta hasil yang dinilai cukup mampu usai perekrutan perwasitan tersebut. Menurutnya para peserta yang mengikuti proses itu secara tidak langsung telah meletakkan sejarah baru khususnya di bidang olahraga di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

 

"Jadi saya mau sampaikan bahwa, ini ade ade sudah meletakkan sejarah baru, kita semua sudah melakukan hal yang terlihat kecil ini namun memiliki manfaat yang begitu besar di kabupaten Seram Bagian Timur," tutur Rumalowak

 

Selaku dinas teknis kata Rumalowak, pihaknya berupaya membuka ruang serta membangun komunikasi baik dengan pemerintah daerah, agar cita-cita regenerasi di SBT yang mengikuti seleksi perwasitan dapat meningkat ke level yang lebih tinggi. 

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dikbudpora SBT Sidik Rumalowak, Direktur Perwasitan Asprov PSSI Maluku Alberto Riupassa, Direktur NSP Family Ronal Abdullah Pical, Koordinator Perwasitan SBT Halik Rumagia, serta para seluruh peserta rekrutmen perwasitan Football dan Futsal se-kabupaten Seram Bagian Timur (HN-Musakrim)