Ratusan Bacaleg Tes Kerohanian di RSUD Bula

Ratusan Bacaleg Tes Kerohanian di RSUD Bula

BULA,Hunimuanews.com- Ratusan bakal calon anggota legislatif mengikuti tes kerohanian di Rumah Sakit Umum Daerah Bula kabupaten Seram Bagian Timur. Selain tes kerohanian, para Bacaleg juga mengikuti tes kesehatan jasmani dan tes Urine.

 

Berdasarkan data yang diperoleh Hunimuanews.com, Bacaleg yang mengikuti tes tersebut terdiri dari bakal calon anggota DPRD provinsi Maluku dan bakal calon anggota DPRD kabupaten SBT.

 

Jumlah calon anggota DPRD provinsi Maluku asal semua partai politik sebanyak 48 orang. Sementara bakal calon anggota DPRD kabupaten SBT berjumlah 400 orang terdiri bakal calon asal Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI),  Partai Garuda, partai Berkarya, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Nasional Demokrat (Nasdem).   

 

“Ini adalah tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) atau tes Kerohanian, sebagai salah satu dari proses pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon legislatif di kaupaten Seram Bagian Timur, baik untuk  (DPRD) tingkat provinsi Maluku maupun kabupaten SBT,” kata Direktur RSUD Bula, dr. Jufri kepada Hunimuanews.com disela pelaksanan tes tersebut, Jumat (13/7).

 

Saat mengikuti tes kerohanian, para bakal calon wakil rakyat tersebut dites dengan 567 pernyataan. “Jadi ini bukan pertanyaan, tapi pernyataan,”kata dr. Jufri.

 

Terkait materi tes tersebut, dr. Jufri mengatakan, tes MMPI dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang karakter dan sikap seseorang.

 

“Jawaban dari seseorang akan menggambarkan karakter, sikapnya, dan sifatnya. Pokonya semua yang menyangkut individu bersangkutan,”katanya.

 

Sesuai persyaratan yang ditetapkan KPU, selain tes kerohanian, para Bacaleg tersebut juga akan mengikuti tes kesehatan jasmani dan tes Urine.

 

“Masing tes ada dokternya. Jadi nanti ada surat keterangan kesehatan jiwa, surat keterangan berbadan sehat dan surat keterangan narkoba,”sebutnya.

 

Tes kerohanian dilakukan pada hari Jumat dan hari Sabtu. Sementara semua tahapan tes akan dilaksanakan hingga tanggal 16 Juli 2018.

 

“Nanti hasilnya kami serahkan ke masing-masing Bacaleg untuk selanjutnya diserahkan kepada KPU sebagai salah satu kelengkapan administrasi,”ungkapnya.(GR)