Program SOLID Akan Berakhir

Program SOLID  Akan Berakhir

 

BULA, Hunimuannews- menyikapi akan berakhirnya program SOLID (Smallholder Livelehood Development Project In Eastern Indonesia)  pada tahun 2019 nanti, bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas  menegaskan, berbagai hasil program SOLID di daerah ini akan dilanjutkan dengan APBD.

 

Sejak dijalankan di kabupaten Seram Bagian Timur, program SOLID dibawah naungan Internasional IFAD (International Fund For Agricultural) di provinsi Maluku  dan  Dinas Ketahanan Pangan SBT ini berhasil membina kelompok tani yang produktif.

Berbagasi hasil program SOLID diantaranya minyak Goreng Minlen yang dibuat kelompok binaan SOLID di pulau Faran kecamatan Teluk Waru serta Jus Pala di kecamatan Gorom Timur.

 

Bupati kabupaten Abdul Mukti Keliobas menegaskan,  pemerintah daerah sudah memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus mengembangkan kelompok binaan SOLID,  sehingga bisa mandiri.

Olehnya itu, bila program SOLID berakhir, pemerintah daerah akan  memberikan dukungan dengan  APBD kabupaten.

 

“ Ketahanan pangan harus mampu mempertahankan program ini sehingga dalam paparan nanti pada saat pembahasan APBD ini harus menjadi skala prioritas, saya tidak mau gagal disini. ini adalah pekerjaan rumah dan ini instruksi langsung yang saya sampaikan”kata Keliobas saat menghaidri temu lapang Kelompok binaan SOLID di  Dusun Maar  Desa Kilwaru, Kecamatan Seram Timur, Rabu (7/3).

 

 Keliobas berharap, temu lapang kelompok tani dan kelompik nelayan yang merupaman kelompok binaan SOLID itu menjadi langkah awal untuk terus memberdayakan masyarakat melalui kelompok tersebut.  

 

Sehingga, lanjut Keliobas dapat  menjadi bagian dari jembatan menuju kesejahteraan masyarakat yang ada di derah ini.  “Saya berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa dikawal secara baik, dibina dengan  baik sehingga tidak hanya pada saat ini saja, “ujarnya.(HN-MB)